Cara Agar Gigi Tetap Bersih dan Putih Meski Doyan Ngopi

Assalamu'alaikummmmm.

Siapa yang abis makan berat langsung ngantuuuukkkk?
Aku aku aku
*lah diri sendiri *hahay.

Yup, seringkali aku seperti itu. Mungkin karena efek kenyang kali ya, jadi bawaannya pengen rileks gitu, rebahan, leyeh-leyeh, trus tiduran. Apalagi pas ramadan gini. Beuughhh. Godaan tidur setelah buka puasa makan besar makin menjadi jadi.

Biasanya, kalau ngantuk setelah makan dan sudah tidak ada yang perlu dikerjakan, aku molor beneran. Namun sekarang karena punya bayi, maka aku nggak bisa sebebas itu kecuali si bayi tidur pada jam segitu. Tapi hampir jarang sih bayi tidur di jam jam itu. Jadi ya udah, mau nggak mau harus menguatkan mata untuk tidak tidur rebah setelah makan besar.

Nah demi bisa tetap melek setelah berbuka puasa dengan makan besar, maka aku memutuskan untuk minum kopi hitam.

Aku suka banget kopi hitam daripada kopi yang dicampur-campur gitu. Selain aromanya yang menggoda, rasanya yang khas, kopi hitam juga mampu membuatku terjaga. Wajar, mengingat kandungan kafein pada kopi hitam lebih tinggi dari kopi yang campur-campur gitu.

Namun, sayangnya, mengkonsumsi kopi dapat membuat gigi nampak kuning? Dari HelloSehat, Zat tanin yang terkandung dalam kopi, merupakan jenis senyawa polifenol yang dapat pecah dalam air. Tanin ini menyebabkan senyawa warna dalam kopi lebih mudah menempel di gigi. Senyawa warna ini kemudian terus menetap di gigi sehingga mengubah warna gigi. Gigi pun berubah warna menjadi lebih kuning dibandingkan dengan gigi orang yang tidak suka minum kopi.

Selain tanin, senyawa lain dalam kopi yang membuat perubahan warna gigi mudah terjadi adalah asam. Asam dalam kopi dapat membuat enamel gigi menjadi lebih lunak dan kasar, sehingga noda lebih mudah menempel dan mengubah warna gigi.

Waktu pertama kali tahu info ini, aku sempat galau, bingung mau mutusin tetep ngopi dengan resiko tercipta warna kuning di gigi atau nggak ngopi dengan resiko jadi nggak 'awas' waktu momong bayi.

Namun di antara dua pilihan tersebut, nggak ngopi lebih besar akibatnya dibanding yang ngopi. Iya, tho? Kuning gigi karena ngopi bisa dikurangi kekuningannya. Caranya adalah pakai cara manual atau cara instan dengan memberi veneer.

Yang paling aku pengen sih, veneer gigi. Lebih praktis. Nggak perlu lama-lama hanya untuk ingin gigi kelihatan putih bersih. Tapi ya gitu, harganya boooo', nggak ramah di kantong aku. *hahay

Ada cara alami yang dapat memutihkan dan membersihkan gigi. Caranya cukup mudah dan praktis, hanya mungkin perlu waktu agar cara ini bener-bener menunjukkan hasil sempurna gigi bersih dan putih bersinar kinclong ting.

Nah cara alami yang gampang dan mudah tersebut adalah dengan cara mengunyah atau menggosokkan buah. Rinciannya sebagai berikut yak.

Daftar Buah untuk membersihkan atau memutihkan gigi dengan cara mengunyah buah tersebut.
1. Apel
2. Pir
3. Nanas
4. Worte
5. Dsbg

Daftar Buah untuk membersihkan atau memutihkan gigi dengan cara menggosokkan buah tersebut.
1. Kulit pisang
2. Strawberry
3. Kulit jeruk
4. Dsng

Nah itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat gigi menjadi putih atau membuat gigi bersih. Sejauh ini aku baru praktek menggunakan kulit pisang. Hasilnya lumayan. Gigi jadi bersihan.

No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Yuk, Stimulasi Literasi Anak Sejak Usia Dini Mulai dari Rumah (Bonus: Aneka Macam Permainan untuk Menstimulasi Literasi Anak)

Literasi merupakan sebuah kata yang digaungkan makin lantang beberapa tahun belakangan ini, terutama saat Kemendikbud semakin intens mengg...