Resep Buka Puasa yang Baik Terutama untuk Ibu Menyusui

Assalamu'alaikuuuuummmmm, Buibu.

Waktu awal puasa kemarin, aku sempat share soal menu buka puasa yang baik untuk ibu menyusui. Tapi disitu belum ada resepnya. Jadi kali ini aku mau share resep buka puasa untuk ibu menyusui.

Seperti yang sudah aku bahas di blogpost sebelumnya, bahwa bahan makanan yang baik untuk ibu menyusui adalah bahan yang mengandung karbohidrat, protein, serat dan mineral. Dengan memperhatikan kandungan bahan makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui yang berpuasa, membuat ibu menyusui tetap sehat (dan ini adalah yang utama) serta kandungan zat zat bergizi yang ada di dalam asi pun tidak berkurang. Karena di sebuah artikel yang aku baca, disebutkan bahwa ada 3 mineral yang biasanya berkurang saat berpuasa yakni magnesium, potasium, dan zinc.

Nah, sebagai ikhtiar untuk menjaga kesehatan aku selaku ibu menyusui yang berpuasa serta kualitas asi tetap terjaga, maka bahan yang aku pilih untuk buka puasa adalah pisang dan kacang.

Pisang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Salah dua kandungan yang ada di pisang adalah magnesium dan potasium. Yup, dengan konsumsi pisang, aku berharap stok kandungan magnesium dan potasium dalam asiku tetap aman terkendali.

Bahan yang aku pakai untuk menu buka puasa selanjutnya adalah kacang. Mengapa kacang? Cukup familiar soal manfaat kacang bagi ibu menyusui yakni dapat meningkatkan produksi asi. Tentu, aku juga menginginkan asiku tetap lancar selama aku berpuasa.

Setelah memilih dua bahan tersebut,  selanjutnya memilih mau masak apa, mau dibikin apa nih enaknya? Enaknya bikin sajian apa ya untuk membatalkan puasa. Biar ada variasinya. Nggak melulu kurma atau teh manis. Oleh sebab itu, dengan mantab aku memutuskan untuk membuat bolu kukus rasa pisang kacang. Oya untuk kacangnya aku pakai selai kacang SKIPPY yang rasanya kacang banget dan lembut.

Kenapa milih pakai SKIPPY? Ya lebih praktis kan. Nggak perlu nyuci kacang tanah, nggoreng, trus dihalusin.

Resepnya, aku dapet dari channel youtube mama Adeeva. Jadi ini bisa dibilang recook resep.

Resep Bolu Kukus Pisang Kacang SKIPPY


Bahan
2 buah pisang ukuran sedang
6 sdm tepung terigu
2 butir telur
6 sdm minyak goreng
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt garam
4 sdm gula pasir
4 sdm SKIPPY peanut butter

Cara membuat
Haluskan pisang terlebih dahulu lalu sisihkan.
Campurkan telur, minyak goreng dan gula pasir lalu kocok sampai gula larut.
Campur tepung terigu dengan garam dan soda kue lalu diayak.
Masukkan campuran tepung terigu ke dalam campuran telur, gula pasir dan minyak goreng. Lalu aduk sampai rata. Pastikan tidak ada yang menggumpal.
Masukkan pisang lalu aduk rata.
Masukkan selai kacang SKIPPY Peanut Butter. Lalu aduk rata.
Setelah adonan tercampur dengan baik dan tidak ada yang bergerindil gerindil alias gumpalan gumpalan kecil. Maka masukkan adonan ke dalam loyang yang terlebih dahulu sudah diolesi minyak goreng.
Kukus adonan.
Untuk tahu adonan sudah matang atau belum, gunakan tes tusuk adonan. Jika kalis maka itu sudah matang.
Setelah matang, sajikan dengan ditemani teh manis.


Gimana, gampang kan bikinnya? Yup, gampil. Perpaduan rasa pisang dan selai kacang SKIPPY yang lembut menjadikan rasa bolu kukus jadi mantab surantab endol tenaaaannnn.

Jan, mantab tenan, buka puasa pakai bolu kukus pisang kacang.

Jadi seperti itulah resep buka puasa yang baik untuk ibu menyusui yakni resep bolu kukus pisang kacang. Buat kalian yang juga menyusui, yuk bikin ini. Dan buat kalian yang ingin membuat variasi menu buka puasa, coba bikin resep ini ajah.

No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Cerita Mudik Sedap Sedap Ngenes Naik Kereta Api Zaman Old

Assalamu'alaikuuuummm. Nggak terasa, ya. Puasa sudah masuk ke minggu ketiga. Ini bertanda waktu mudik akan segera tiba.  Senan...