Saat Si Kecil Masih Merayap di Usia 8 Bulan


Assalamu'alaikuuumm
Halohaaaa..
Apa kabar Mamis. Lama tak jumpa, daku kangeennnnn *halah. Hehe. 

Kali ini aku mau cerita soal perkembangan anakku yang kedua, sina.

Pada umumnya,  bayi usia 8 bulan sudah mulai atau bisa merangkak. Dulu, anakku yang pertama, siken, merangkak di usianya yang ke-7 bulan. Dan sekarang sina? Lagi menikmati bener merayap kesana kemari Ala-ala TNI gitu deh cara merayap sina. 

Sempat khawatir mengingat aku pernah dengar salah satu narasumber di kelas parenting yang aku ikuti bilang gini, bahwa fase merangkak itu penting karena berpengaruh pada keseimbangan si kecil. Kalau ia tidak melewati fase merangkak maka kelak Ia jadi tidak mudah terjatuh saat berjalan atau berlari. 

Nah untuk mencegah khawatirku semakin tumpah ruah meluber maka aku browsing-browsing deh. Alhmdulillah ketemu secepat aku membalikkan telapak tangan "mak wet".

Beberapa artikel yang aku baca alhmdulillah tidak menganggap bahwa merangkak merupakan fase yang harus dilalui oleh bayi. Fase utama adalah duduk dan berdiri. Jadi semisal bayi tidak melalui fase merangkak ya tidak masalah selama si kecil menunjukkan koordinasi yang baik antara tangan kaki kanan maupun bagian kiri. Misalnya si kecil pandai berguling kanan dan berguling ke kiri. 

Tapi kalaupun memang ingin bayi kita menjalani fase ini maka ada beberapa hal yang bisa kita usahakan. 
Pertama
Jangan sering menggendong sibaby. Perbanyak letakkan ia di lantai atau matras atau kasur agar ia nantinya dapat mencoba posisi akan merangkak hingga merangkak. 
Contohkan gerakan merangkak padanya. 

Gampang, ya? Mudah, kuncinya yang satu tapi susah yakni telaten. 

Alhamdulillah usaha yang aku dan suami lakukan di atas mulai menunjukkan hasil. Sina mulai mencoba merangkak 1 hingga 2 langkah merangkak. Kemajuan ini juga sepertinya didukung oleh "memang sudah waktunya merangkak". 

Kalau mamis, pernah mengalami apa yang aku alami? Share donk apa yang Mamis lakukan agar si kecil bisa merangkak? Atau apakah benar, si kecil yang nggak melewati masa merangkak, nantinya jadi terganggu keseimbangannya? Sebelumnya, makasih banyak sharenya Mamis. 

1 comment:

  1. Anak kedua juga ga Mau merangkak mbak. Dlosoran kemana2 secepat kilat. Etapi si adek ini memang Ada masalah tumbang, sekarang 23 bulan Baru mulai merangkak belum bisa Jalan tapi panjat2an sudah bisa sejak 1 tahunan. Fisioterapi seminggu 2x ini mbak

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Ajak Jelajah Museum, Si Kecil Bakal Bosen atau Nggak, Ya?

Beberapa waktu yang lalu, entah dapat wangsit darimana, aku berinisiatif untuk mengajak si kecil Ken pergi ke museum yang berada tak ja...