Let's Read, Ajak Si Kecil Bertualang Keliling Indonesia Hingga Luar Angkasa.


Hai, Mamis.

Apa kabar? Semoga kita semua senantiasa dalam keadaan sehat juga bahagia aamiin. 


Mamis, sudah 6 bulan lebih kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Tidak dapat dipungkiri, pasti ada rasa rindu pergi keluar rumah, bukan? Yup, saya sendiri rindu bebas keluar rumah tanpa khawatir Corona. Akan tetapi karena covid-19 masih merajalela, walhasil rasa rindu itu pun harus diredam sedemikian rupa. 


Nah, bagi orang dewasa seperti kita, soal rindu ingin jalan-jalan bisa kita redam dengan mudah. Namun, bagi anak-anak, meredam rasa rindu jalan-jalan atau bertualang, bukanlah hal yang mudah. 


Hal inilah yang sedang saya alami, Mamis. Jadi anak saya, si Ken, sudah berkali kali menanyakan kepada saya atau ayahnya mengenai kapan pandemi covid 19 selesai? Katanya, ia ingin sekali bertualang di taman bermain, di taman kota, di pantai, dan sebagainya.

"Senang sekali bisa ke sana, Yah, Ma" kata Ken. Raut wajahnya begitu antusias saat mengatakan itu. 


Namun, sayangnya, wajah antusias si kecil Ken seketika berubah saat saya juga ayahnya, menolak permintaannya.


Awalnya, ia protes, ia marah, lalu ia merajuk. Untungnya, ini semua tidak berlangsung lama. Ia akhirnya mau menerima keputusan saya juga ayahnya setelah mendapatkan penjelasan mengapa kami menolak permintaannya untuk pergi berpetualang keluar rumah. Apalagi kalau bukan karena masih eksisnya virus covid-19 di sini di daerah tempat tinggal kami. 


Tak lupa, setelah memberikan penjelasan kepada si kecil, saya lalu menawarkan sebuah ajakan petualangan unik nan menarik yang belum pernah ia rasakan. Ken sontak berbinar mendengar ajakan saya tersebut. Lebih tepatnya, ia penasaran. Bagaimana tidak penasaran, jika ajakan saya itu yakni bertualang keliling Indonesia. 


Tenang, petualangan kali ini, saya jamin aman dilakukan di tengah pandemi. Ya, pasti aman, karena petualangan keliling Indonesia ala saya untuk si kecil Ken adalah Bertualang Lewat Membaca Menyenangkan. 


Ya, saya sepakat dengan sebuah pepatah yang mengatakan Buku adalah Jendela Dunia. Jadi kalau ingin mengenal Dunia, bisa diawali dengan membaca buku. Pun demikian juga jika ingin bertualang, juga bisa didahului dengan membaca buku baik membaca online ataupun offline. 


Namun, karena saya menawarkan petualangan yang berbeda pada si Ken, maka petualangan si Ken kali ini yakni melalui aktivitas membaca online di Let's Read. 


Baiklah, petualangan pertama Si Ken yakni petualangan keluar angkasa di Let's Read. 


Ken nampak sumringah membaca cerita petualangan di luar angkasa yang ada di Let's Read judulnya Mencari Pluto. Bagaimana Ken tidak sumringah, secara di Let's Read aktivitas membaca menyenangkan baginya. 




Kemudian, agar petualangannya beda, saya membuat sebuah aktivitas bermain peran sambil membaca cerita di Let's Read. Kali ini cerita tentang Petualangan Zepi Keliling Indonesia.




Talent di bermain peran ini tentu saja, si Ken, yang merangkap juga sebagai narator.



Aktivitas bermain sambil membaca di atas berhasil membuat Ken antusias. Ken semangat banget memainkannya. Aktivitas ini juga makin membuat membaca menyenangkan, dan terasa seperti tengah bertualang. 


Alhamdulillah, anak saya, si Ken, sudah tidak bertanya-tanya lagi perihal kapan bisa bertualang keluar rumah. Kalaupun kelak ia akan menanyakan hal yang sama lagi, saya tidak resah, karena ada Let's Read.  


Di Let's Read, saya bisa mencari cerita yang bertemakan petualangan lalu tinggal saya padukan dengan permainan. Beres, deh. Si kecil Ken pun lupa lagi dengan keinginannya berpetualang keluar rumah di masa pandemi Corona. 


Sudahlah, di rumah saja, membaca online buku-buku cerita anak di Let's Read, atau jika tidak seperti itu, kita bisa membuat kreasi yang terinspirasi dari cerita yang ada di Let's Read. 


Tentang Let's Read



Oya, ada yang belum tahu soal Let's Read? Sini, saya beri tahu. Disimak, ya.


Let's Read adalah perpustakaan digital buku cerita untuk anak-anak. 


Let's Read sendiri diprakarsai oleh Books for Asia dari The Asia Foundation. Tujuannya yakni menumbuhkan para pembaca cilik di Asia. Fokus dari Let's Read yakni pada bahasa daerah serta pengembangan konten lokal dengan mengadakan lokakarya melalui kerja sama dengan para pakar buku anak setempat.  


Keren, kan? Dari tujuannya saja sudah mulya sekali. Ditambah lagi fokus pada pengembangan konten lokal yang menggandeng penulis yang jago menulis buku anak. Keren, saya salut sekali dengan Let's Read. 


Keunggulan Membaca Online di Let's Read.


Keunggulan membaca online cerita anak di Let's Read ini yakni:

1. Ceritanya Mudah Dipahami Anak. 

Cerita di Let's Read ini mudah dipahami anak karena penggunaan kosa kata yang cukup familiar atau cukup sering didengar oleh anak. Kalaupun ada kosa kata baru, itupun jumlahnya tidak banyak. 

2. Banyak pilihan cerita anak.

Di Let's Read ini ada begitu banyak pilihan bacaan untuk anak. Ada cerita tentang hujan, tentang angkasa luar, banjir, traveling, bermain, dan masih banyak lagi. Hal ini tentu membuat anak tidak mudah bosan mengingat ada begitu banyak cerita yang bisa mereka baca. 

Banyaknya pilihan cerita anak ini juga membantu para orangtua, salah satunya saya, yang kesulitan menumbuhkan minat baca anak. Karena salah satu cara menumbuhkan minat baca anak adalah membuat ia tertarik terlebih dahulu. Nah usaha untuk membuatnya tertarik yakni dengan memberikan buku cerita yang sesuai dengan apa yang ia suka. Misalkan ia suka dengan luar angkasa, maka buku yang kita tunjukkan padanya adalah buku tentang luar angkasa.

Nah, karena di Let's Read ada begitu banyak cerita, maka kita bisa mencari cerita yang sesuai dengan apa yang disukai anak. 

3. Level kemampuan membaca

Di Let's read ini ada kategori bacaan sesuai dengan level kemampuan membaca. Jadi misalkan si kecil baru mulai lancar mengeja, bisa memilih bacaan untuk level 1 atau 2. Caranya mudah, kita tinggal klik bagian menu yang letaknya paling atas, lalu pilih level yang kita mau. 

4. Pilihan bahasa

Let's Read juga sudah dilengkapi dengan banyak pilihan bahasa. Tidak hanya bahasa Indonesia maupun Inggris, melainkan juga ada bahasa Arab, bahkan bahasa lokal pun ada.

Nah, adanya pilihan berbagai macam bahasa ini, membantu orangtua atau pendidik yang ingin menstimulasi kemampuan bahasa anak.

5. Gambarnya bagus

Gambar ilustrasi yang ada di Let's Read bisa dibilang keren semuanya. Objek yang dibahas dalam cerita digambarkan dengan jelas sehingga dapat membantu anak dalam memahami cerita.

Gambar sendiri memiliki peran penting dalam sebuah cerita, terutama cerita untuk anak. Di samping mempermudah anak memahami cerita juga dapat digunakan untuk menumbuhkan rasa ketertarikan anak akan buku cerita. 

6. Penuh warna

Warna dikaitkan dengan emosi anak. Studi yang dilakukan oleh Departemen Pengembangan Anak di California State University Fullerton tentang warna dan asosiasi terhadap emosional anak-anak menunjukkan hasil yang menarik. Hasil studi tersebut menginformasikan bahwa warna memiliki kaitan dengan emosi. 

Nah, berdasarkan hasil studi ini, maka dapat dikatakan bahwa cerita-cerita anak di Let's Read yang full color atau penuh warna pastinya mampu menarik perhatian anak atau menumbuhkan minat anak akan aktivitas membaca.

Hasil studi selanjutnya yakni 69 persen dari anak-anak memilih warna-warna cerah yang mengungkapkan kebahagiaan dan kegembiraan seperti pink, biru dan merah. Nah, sedikit hasil pengamatan saya, yakni warna yang ada di dalam cerita-cerita di Let's Read merupakan warna-warna yang cerah. Hal ini dapat membuat anak tertarik dengan buku cerita Let's Read. Mengingat warna-warna cerah ini mendeskripsikan rasa bahagia, atau rasa senang. 

7. Gratis

Tidak ada instruksi pembayaran atau apapun di aplikasi Let's Read ini. Semuanya gratis bahkan untuk bisa mendownload cerita anak pun tidak dikenakan biaya. Alhamdulillah.

8. Tanpa iklan

Ya, tidak ada iklan di Let's Read. Ini membuat anak jadi fokus membaca tanpa teralih oleh iklan iklan yang muncul tiba-tiba.

9. Buku bisa didownload

Yup buku ceritanya bisa didownload. Jadi misal saat kuota internet tengah habis atau susah sinyal, si kecil tetap bisa membaca buku cerita yang sudah didownload. 

10. Buku cerita bisa diprint

Yup, saya senang sekali dengan hal ini. Saat ingin mencetak pun diberikan kemudahan juga berupa pemilihan bentuk hasil print buku cerita yang meliputi bentuk landscape, portrait, dan booklet. 





Manfaat Menggunakan Let's Read


Kemudian, selama saya menggunakan aplikasi Let's Read ini, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh antara lain:

1. Hemat.

Masa pandemi covid-19 ini, ekonomi keluarga berubah signifikan, sehingga mau tidak mau harus mengikat kuat tali pinggang demi bisa survive. Karena harus berhemat maka tentu rasanya susah untuk sekedar membeli buku bacaan buat anak. Beruntung, ada Let's Read, sehingga anak tetap bisa membaca buku cerita pilihan mereka sendiri. 

2. Membantu menstimulasi kemampuan membaca anak.

Sebagaimana di point 3 di atas, bahwa buku bacaan di let's read ini memiliki level masing-masing. Hal ini bisa digunakan untuk menstimulasi kemampuan membaca anak. Misalkan saat ini ia baru saja bisa mengeja mungkin bisa distimulasi dengan cerita yang ada di level 1. Setelah mulai lancar membaca, kemudian naik level 2 dan seterusnya. 

3. Menambah pengetahuan.

Ini juga manfaat yang saya lihat ada pada anak saya sendiri. Di buku cerita anak yang berjudul Mencari Pluto, anak saya jadi tahu istilah Dwarf Planet. 

4. Menambah kosa kata.

Ini juga saya temukan ada pada anak saya sendiri. Ya, anak saya yang sebelumnya tidak pernah mendengar kosa kata tersebut dan belum tahu soal Dwarf Planet sekaligus maknanya. Namun, sejak membaca buku Mencari Pluto, anak saya jadi tahu soal Dwarf Planet. 

5. Menstimulasi kemampuan bercerita.



Anak saya memiliki kekurangan dalam hal bercerita. Kalau ia bercerita, urutan kata atau urutan cerita sering tak urut. Nah, dengan membaca buku Mencari Pluto, anak saya bisa belajar bercerita dengan baik . 



6. Menstimulasi kemampuan menggambar.



Anak saya suka menggambar. Sejauh ini, ia menggambar lebih sering soal mobil, atau motor. Namun, setelah membaca buku Let's Read dengan judul Mencari Pluto, anak saya punya referensi gambar tentang planet-planet. Hasil gambarnya seperti di bawah ini. 



Alhamdulillah, saya bersyukur sekali atas hadirnya Let's Read ini. Karena begitu banyak manfaat yang saya rasakan terutama di masa pandemi begini.


Saya bisa berhemat karena tidak membelikan si kecil Ken buku bacaan, juga tidak perlu memenuhi keinginan si Ken yang ingin bertualang keluar rumah. 


Nah, bagi Mamis yang juga ingin punya Let's Read, cukup klik link berikut ini ini saja, ya. 

https://bit.ly/downloadLR2


Mamis, mengunduh aplikasi Let's Read ini Gratis tidak perlu keluar duit. Cihuuuy, Alhamdulillah.


Yuk, segera ya, jangan tunggu nanti-nanti, Mamis. 


Jadi, seperti itulah yang saya lakukan kepada anak saya yang ingin pergi berpetualang keluar rumah di masa pandemi begini yakni dengan mengajaknya berpetualang melalui membaca membaca online di Let's Read. Semoga bermanfaat ya, Mamis. 

Stay health, stay safe, stay happy, yak. Aamiin. 


Salam,

Indachakim.

35 comments:

  1. Aku juga sedia aplikasi ini di HPku, Mbak. Masih sering bacain juga untuk anakku. Uniknya, kalau anakku mintanya pasti cerita itu-ituuuuuu mulu. Mau diulang sampai puluhan kali ya dia tetap antusias buat mendengarkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeayay TOS MBK ikaaaa,
      Hahay iya, si Ken juga gitu, sekarang lagi suka sukanya baca buku di let's read yang bertemakan luar angkasa. Diulang-ulang terus sampai hampir hafal sampai dia hafal sama alur ceritanya.

      Delete
  2. Ya Alloh, kok saya baru tahu app ini. Makasih, mbak. Saya langsung instal, bahkan sebelum nulis komen ini.

    Ada basa jawa juga. Yeay!

    ReplyDelete
  3. Dengan Let's Read brpetualang hingga ke luar angkasa .. wow .. menarik sekali jadi aktivitas yang menyenangkan pada masa pandemi seperi ini, Mbak Inda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Niar. Alhamdulillah let's read membantu banget mengatasi bocil yang mulai menunjukkan tanda tanda bosan di rumah dan ingin berpetualang keluar rumah.

      Delete
  4. Waah komplit banget mba reviewnya. Saya suka. Kayaknya bakal jadi salah satu pemenang nih soalnya lengkap banget. 😍 Anak saya juga suka baca dengan Let's Read ini 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeayyy TOS, sama mbak, anak saya juga suka baca buku cerita di Let's read ini. Aamiin, do'a yang sama juga buat dikau, Mbak. 😍

      Delete
  5. Wah kece banget ni aplikasi Let's Read. Aku juga harus download nih. Anak keduaku kalau diajakin baca suka lelet aja hehehe. Makasih sudah sharing soal aplikasi ini ya Mam. Bermanfaat banget nih

    ReplyDelete
  6. Mau aku rekomendasikan buat keponakanku nih mba. Banyak tang bisa dipelajari melalui belajar dengan cara yang menyenangkan selama ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, umik. Banyak yang bisa dipelajari dari buku buku cerita yang ada di let's read. Recommended deh pokoknya umiiikk.

      Delete
  7. Asyik ya, bisa baca dari aplikasi Let's Read. Gambar ceritanya bagus dan bisa diprint pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, anak-anak pasti suka baca buku di let's read.

      Delete
  8. wah tentang angkasa luar dan juga Zepi yang keliling Indonesia. Ku cari deh di Let's Read. Ini apps favorit yang ga boleh dihapus soalnya jadi inspirasiku mendongeng ke anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Helen. Asyik buat bahan mendongeng untuk si kecil.

      Delete
  9. yeyyy, aku juga udh donlot mbak, dan yg dewasa kayak kita aja jadi seneng ya baca dan lihat2 ceritanya, apalagi anak2, apalagi ditambah aktivitas seru kayak Zepi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah senangnyaaa banyak yang sudah mengunduh aplikasi Let's read. Semoga semakin banyak yang punya aplikasi ini, biar semakin banyak yang bisa merasakan manfaat dari let's read. Yeaayy

      Delete
  10. Anak jaman now punya kecenderungan lekat dengan gadget. Lebih menyenangkan kalau kesukaannya ini diarahkan untuk akses aplikasi yang bermanfaat seperti Let's Read ini ya. SEkaligus mengajak anak untuk suka membaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak umiiikk. Betul betul betul. Bersyukur ada let's read aplikasi perpustakaan digital buku cerita anak, jadi kalau bocil pengin ngegadget bisa sodorin aplikasi ini.

      Delete
  11. Bagus yaa mbak, aku juga suka membacakan buku anakku lewat let's read. Bagus Bagus Ceritanya

    ReplyDelete
  12. duh makasih mba,
    anak-anakku udah mulai cranky di rumah aja. mudah mudahan ini bisa jadi salah satu solusi biar mereka nggak bete lagi

    ReplyDelete
  13. Seru banget ya mbak bisa berpetualang dengan si kecil. Saya juga unduh aplikasi Lets Read buat si kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, yeayyy, mbak Arda sudah punya let's read juga di gawainyaaa. Cihuuyy

      Delete
  14. Ikut yaa, Ken...
    Aku juga bosan di rumah, tapi melihat keadaan di luar gak seperti dulu, jadi takut mau keluar rumah.
    Lebih baik, kita baca buku bersama dan keliling luar angkasa bersamaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ikut ke berpetualang, Ontu Lend. Dengan senang hati. Ketemuan sama Ken di Let's Read ya, Onty Lend.

      Delete
  15. Anak kedua saya nih, demen banget sama topik-topik luar angkasa. Kayaknya seru juga dibacakan cerita Mencari Pluto ini~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaaa, sama seperti si Ken. Iya, mbak Andy coba tawarkan mencari Pluto, insyaAllah si kecil langsung sukaaakkk.

      Delete
  16. kayaknya lets read ini lagi banyak digunakan sama ibu2 untuk anak2nya ya mba. semangaattt..
    apakah efeknya berpengaruh terhadap kondisi mata anak mba scara ini membaca dari gadget?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Alhamdulillah sudah banyak yang punya aplikasi Let's read ini di gawai. Aku seneng banget karena banyak yang bisa merasakan manfaat dari aplikasi Let's read ini.

      Kalau aku, ada durasi waktu penggunaan gadget, jadi meskipun si Ken pakai gadget untuk main ataupun membaca gini, punya ketentuan durasi masing masing. Ini cara aku menjaga kemampuan mata si kecil Ken, mbak.

      Delete
  17. Wah seru banget nih aktivitas membaca sekaligus praktek Sains. Aku juga suka banget aplikasi let's read

    ReplyDelete
  18. Berasa keliling dunia ya dengan Lets Read..seru..

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Kontemplasi Webinar IIDN dan IM3Ooredoo: Memenangi Lomba Blog

  Kalah Lomba Blog Bertubi-tubi Dramatis ya, subjudulnya?   Tapi, itu fakta, sih. Itu yang memang saya alami. Kalah Lomba Blog Bertubi-tub...