Potensi Si Kecil

Kalau potensi si kecil sudah terdeteksi, trus apa? Selain mengembangkan potensinya?



Hi, Moms. 

Aku pikir setelah potensi si Ken, anakku yang sulung, sudah terdeteksi. Aku bisa santai santuy, gitu. 


Tapi, setelah aku baca artikel di @theasianparent_id , bersantuy santai setelah tahu potensi si kecil itu bukan jalan ninja orangtua. Karena mbak Vera, psikolog anak dan remaja bilang umumnya potensi anak baru akan terlihat matang setelah usianya beranjak  remaja atau baru steady setelah puber akhir. 


Saran mbak Vera, selama menuju masa itu, orangtua tetap memberikan kesempatan anak untuk mengeksplorasi apa yang ingin ia ketahui (tetap dalam pemantauan dan bimbingan orangtua). Karena bisa jadi ia menemukan potensinya yang baru. 


Iya juga, sih. 

Oke deh kalau begitu, aku mau bikin list kegiatan yang bisa dicoba si sulung Ken. Kali aja ada potensi lain yang terdeteksi. Kalaupun tidak, ya minimal sudah memperkaya pengalaman si Ken. Itu saja cukup lah. 


Sengaja, aku nggak mau bikin target atau hope tinggi-tinggi. Karena aku takut baper kalau nggak tercapai. Ujungnya malah baperin bocil. Nggak banget lah yah, Moms. 


Lalu, bagaimana jika ada potensi lain yang muncul. Bagaimana jika ada banyak potensi yang dimiliki si kecil? Trus mau fokus ke yang mana? 


Kalau aku, ya semuanya saja difokusin, dikembangkan, ditingkatkan. Mauku begitu. Tapi aku paham, nggak boleh begitu. Not fair. 


Mungkin yang aku lakukan jika aku tahu ada banyak potensi yang dimiliki si Ken, sulung ku itu, aku bakal menanyakan langsung padanya. Ya intinya berkomunikasilah sama dia. Dia mau pilih fokus kemana. Kalau mau semuanya ya hayok aja.


Tapi, sebelum berkomunikasi, ada baiknya aku lebih dulu cari informasi terkait potensi-potensi yang dia milik. Jadi nanti kalau pas ngobrol aku sudah punya gambaran potensi A kayak gimana, potensi B gimana dan sebagainya. 


Semangat deh pokoknya demi bocil, demi menjaga amanah Allah sebaik mungkin.  


#motherhood #indachakim #parenting #jembrana #balibarat #explorejembrana 

No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Jika Aku Menjadi Seorang Pemimpin, Ini yang Aku Lakukan untuk Indonesia

  Teman, sudahkah kamu tahu kondisi hutan saat ini? Kalau kamu ingin tahu soal itu, aku sarankan untuk mencari informasi tersebut di Golonga...