Yuk, Jadikan Buku KIA Sebagai Partner dalam Memantau Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak

 




Mombeb, Tanggal 29 Juli, aku ikut webinar tentang "Pentingnya Buku KIA untuk Orangtua Pantau Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak di Masa Pandemi" yang diadakan oleh Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan PT Tirta Investama. 


Dari webinar tersebut, aku mendapatkan Insight betapa pentingnya memantau kesehatan dan tumbuh kembang anak, apalagi di masa pandemi begini. Harus extra dipantau mah ya. Karena data dari https://covid19.go.id per 27 Juli 2021 menunjukkan sebanyak 2.9% balita terkena covid-19. Bahkan 0.5% anak usia balita meninggal dunia sebab yang terkena covid-19.




Nah, untuk memantau kesehatan dan tumbang anak, kita bisa melakukannya secara mandiri koq, Mombeb. Jadi tidak harus menunggu ke posyandu, atau ke fasilitas kesehatan dulu. Kita bisa memantau kesehatan dan tumbuh kembang anak kita dengan menggunakan buku KIA. 


Buku KIA sendiri ditetapkan oleh Kemenkes RI dengan rekomendasi WHO sebagai alat pencatatan kesehatan ibu dan anak sekaligus menjadi media informasi dan edukasi bagi ibu hamil dan balita untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak secara rutin. 




Mombeb, jika kita bisa memanfaatkan buku KIA sebaik mungkin, insyaAllah kita bisa menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak balita kita dengan baik. Karena apa? Semua hal terkait kesehatan dan tumbuh kembang anak seperti pemenuhan asupan gizi seimbang sesuai umur anak, stimulasi perkembangan, istirahat dan aktivitas fisik dan sebagainya  sudah ada di buku KIA. 




Pemantauan kesehatan dan tumbuh kembang anak ini adalah salah satu ikhtiar kita mempersiapkan masa depan mereka. Mereka adalah generasi penerus bangsa. Jika anak sehat, anak bertumbuh dan berkembang dengan baik, insyaAllah dan optimis pastinya, masa depan negeri ini juga baik. Sebagaimana tema peringatan Hari Anak Nasional 2021 yakni "Anak terlindungi, Indonesia maju."


Oleh sebab itu, Mombeb, Yuk kita jadikan buku KIA sebagai partner dalam hal memantau kesehatan dan tumbuh kembang anak kita. Kita manfaatkan buku KIA ini sebaik mungkin. Agar anak kita senantiasa sehat sehingga pertumbuhan dan perkembangannya berjalan dengan baik. 


No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Beli Tas di Eiger Adventure Jombang Dapat Bonus Plus Plus

  Beberapa waktu lalu, sebelum balik ke Bali, aku dan suami menyempatkan diri pergi ke Eiger Adventure Jombang. Mengunjungi Eiger Jombang ma...