Saat Anakku Terlambat Bicara

Mombeb, ada ucapan dari salah satu tetanggaku yang sulit aku lupakan. Sudah cukup lama, sih. 7 tahun yang lalu. 

Aku susah lupa karena waktu itu rasanya menyakitkan. Gimana nggak sakit secara orang itu bilang begini di depan banyak orang:

"Ini koq belum ngomong-ngomong, anakmu bisu ya?"

JEDIERRRR 

Sebagai ibu, aku nggak terima. Dan ini aku tunjukkan langsung waktu itu. Aku balas ucapan orang itu seperti ini:

"Nggak bisu, cuma pilih-pilih, mau ngomong sama orang yang disenangi, yang baik sama dia" 

"Tak pikir bisu, nggak ngomong-ngomong e" 

Kajshhegeyheej

Asli, kesel banget waktu itu. Kirain tetangga masa gitu ada di tv aja, eee di dekatku juga ada yang begitu. Hadeehhhhhh...

Kalau bisa pindah rumah, pindah deh. Sayangnya nggak ada pilihan pindah rumah. 


Sejak saat itu, aku memilih untuk meminimalkan interaksi dengan tetanggaku yang satu itu. Alhamdulillah, dengan usaha tersebut, rasa sakitku berangsur-angsur membaik dan berubah. Coba tebak rasa sakitku berubah jadi apa? Yang pasti bukan berubah jadi Ultraman ya, Mombeb. Hahayy

Anakku Terlambat Bicara

Entah gimana kalimat yang menyakitkan itu berubah menjadi bahan refleksi buat aku. Aku pikir-pikir, anakku memang hampir jarang banget bicara. Ia asyik dengan dunianya sendiri. Misalkan kalau menolak sesuatu, ia memilih menghindar, kalau dipaksa baru deh ia mengucapkan kata tidak. Itupun tanpa disertai alasan. 

Aku pikir, begini ini, nggak masalah. Pikirku lagi, kemampuan bicara akan muncul dengan sendirinya seiring bertambahnya usia. Namun setelah aku baca-baca lebih detil tentang perkembangan kemampuan bicara pada anak, rupanya, pendapatku ini salah. 


Mombeb, Pada saat itu, anakku yang berusia hampir 3 tahun, baru bisa mengucapkan beberapa kata saja. Fakta ini membuatku meyakini kalau kemampuan bicara anakku ini terlambat. Dilihat dari tabel di atas kan seharusnya usia 3 tahun kosakatanya sudah banyak. Lalu apa? Apa yang harus aku lakukan? Adakah cara untuk mengatasi terlambat bicara ini? 

Apa itu terlambat bicara atau speech delay?

Dalam Kemendikbud dikatakan bahwa speech delay atau terlambat bicara merupakan istilah umum merujuk pada proses keterlambatan bicara dan berbahasa yang tidak sesuai dengan usia perkembangan anak. Nah untuk mengetahui atau mendeteksi apakah anak mengalami terlambat bicara ya salah satunya seperti yang aku lakukan itu, Mombeb, yakni dengan melihat tahapan perkembangan bicara normal anak (tabel di atas) lalu membandingkannya dengan kemampuan bicara anak sendiri. 

Setelah aku tahu bahwa anakku terlambat bicara, aku pun mencari penyebab hal ini terjadi. Pas momen ini, aku sempat mengalami perdebatan batin. Di satu sisi, aku meyakini kalau penyebab anakku mengalami keterlambatan bicara karena kurangnya stimulasi. Namun di sisi lain, aku menyangkal karena aku pikir sudah menstimulasinya dengan mengajaknya ngobrol.


Sembari mengalami perdebatan tersebut, aku tetap baca-baca lagi. Dan binggo, aku menemukan sebuah fakta yang membuat perdebatan batinku usai. Fakta ini juga bikin aku istighfar berkali-kali, Mombeb. Hiks. Sedih banget. Karena dari fakta itu aku jadi tahu kalau aku adalah penyebab anakku terlambat bicara. 

Ya, itu salahku, Mombeb. Aku tidak memperbanyak referensi tentang perkembangan bicara pada anak, aneka stimulasi kemampuan bicara, dan nutrisi apa yang diberikan pada anak yang dapat membantu anak untuk meningkatkan kemampuan bicaranya.  

Stimulasi untuk meningkatkan kemampuan bicara pada anak yang bisa dilakukan ibu di rumah

Mombeb, Aku baru tahu kalau stimulasi kemampuan bicara tidak cukup hanya dengan rajin mengajak ngobrol anak melainkan ada usaha lainnya yakni

1. Mengajak anak membaca buku cerita bersama

Untuk ini, aku biasanya meminta anak memilih buku yang mau ia baca. Dengan begini ia pun mau aku ajak membaca buku cerita. Aktivitas ini dapat menambah kosakata anak. 



2. Mengajak anak bernyanyi

Bernyanyi merupakan salah satu metode pelajaran yang banyak dipakai di sekolah anak usia dini. Hal ini menunjukkan bahwa metode ini memberikan dampak positif bagi anak. Misalnya anak lebih mudah paham dan tentu saja dapat dengan mudah menambah kosakatanya. 

3. Mengajak anak bermain permainan yang dapat menstimulasi kemampuan bicara anak

Mombeb, bermain adalah dunia anak. Beberapa ahli pun berpendapat kalau anak menjadi lebih mudah memahami sesuatu melalui permainan. Setiap permainan pun memiliki manfaat dan tujuan masing-masing. 

Dalam Fimela, Bridging the Gap merekomendasikan beberapa permainan yang dapat digunakan untuk stimulasi kemampuan bicara pada anak atau permainan yang dapat digunakan untuk mengatasi terlambat bicara (speech delay) meliputi permainan menyusun balok, bermain puzzle, bermain balon, mobil-mobilan dan sebagainya. 

Permainan-permainan ini dapat mengembangkan koneksi saraf untuk berbicara yang sedang tumbuh. Sehingga dapat merangsang kemampuan bicara anak.

Selain memberikan stimulasi, yang tak kalah penting yakni memberikan nutrisi yang dapat meningkatkan kemampuan bicara hingga dapat mengatasi speech delay pada anak. Nutrisinya seperti apa? Yuk kita bahas di bawah ini ya, Mombeb.

Nutrisi untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak

Mombeb, aku juga alpa memperhatikan nutrisi untuk membantu meningkatkan kemampuan bicara anakku. Nyesel banget rasanya. Lalu apa sih nutrisi yang bisa membantu meningkatkan kemampuan bicara pada anak? Susah nggak sih nyarinya? Cara mengolahnya, gimana? Nggak ribet kan, ya? Panduannya ada kan? Takutnya malah salah. 

Nah alhamdulillahnya, nih, Mombeb, kita nggak perlu mikirin A sampai Z terkait nutrisi tersebut. Karena kita bisa mengandalkan Generos


Generos atau Genius for Neuron merupakan multivitamin untuk otak yang didukung dengan 5 bahan utama alami Quantum. 5 bahan tersebut meliputi ikan sidat, pegagan, madu hutan, mengkudu, dan temulawak. Setiap bahan tersebut memiliki manfaat yang luar biasa. Mari kita rinci ya, Mombeb. 

Ikan Sidat

KKP menyebutkan kalau Indonesia merupakan salah satu eksportir sidat utama di dunia. Permintaan ekspor tertinggi yakni dari negara Jepang. Hal ini dikarenakan ikat sidat mengandung banyak sekali manfaat. Ikan sidat mengandung nutrisi yang baik seperti protein, lemak, Omega 3, vitamin A, serta asam lemak tak jenuh (EPA dan DHA). Protein ikan sidat ini sendiri ternyata lebih tinggi dari ikan salmon, lho, Mombeb. Wow. 

Nah nutrisi sidat tersebut dapat memberikan banyak manfaat bagi yang mengkonsumsinya seperti dapat menjaga daya tahan tubuh, baik untuk pertumbuhan, hingga menjaga kesehatan mata. 

Selain itu, ikan sidat juga dikenal memberikan manfaat bagi otak. Ia berperan menjadi salah satu penguat dalam memberikan nutrisi terbaik dan tumbuh kembang otak pada anak. Jika otak mendapatkan nutrisi maka ini dapat meningkatkan daya ingat dan menumbuhkan neuron yang tidak aktif. Dua hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan bicara anak.

Pegagan 

Mombeb, ternyata, pegagan ini sudah sejak lama dikonsumsi, terutama penduduk Jawa. Dijadiin lalapan, gitu. Jadi penasaran rasanya gimana yaaa. Eh tapi di tempat tinggalku sini, Bali, jarang deh ada yang jual pegagan. 

Nah pegagan ini ternyata mengandung zat omega. Zat omega sendiri bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak. Daun ini menguatkan saraf otak dan membuat konsentrasi semakin tinggi serta mampu mengingat dengan baik. 

Selain mengandung omega, pegagan juga mengandung zat asiaticosida yang dapat membuat anak yang sebelumnya berperilaku pasif, pemalu dan gelisah. Berubah menjadi anak yang aktif, periang, komunikatif, dan koperatif. Selain itu, Pegagan mempunyai antioksidan yang mampu meningkatkan daya ingat konsentrasi dan kewaspadaan.

Manfaat daun pegagan lainnya yakni dapat memperlancar aliran darah, mempercepat penyembuhan luka, hingga dapat meredakan kecemasan dan stres. 

Madu Hutan

Sudah bukan rahasia lagi kalau madu hutan memiliki segambreng manfaat. Lebih detilnya dituliskan di generos.id ternyata terdapat 3 kandungan probiotik alami yang dimiliki madu hutan, yaitu Lactobasilus Kunkeei, Lactobasilus SP, dan Lactobasilus Verniform. Ketiga probiotik ini sangat baik untuk mengembalikan dan menigkatkan kemampuan pencernaan manusia. Tak hanya itu, madu hutan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengkudu

Di dalam buah mengkudu, terkandung beragam nutrisi seperti karbohidrat, protein, folat, magnesium, kalsium, dan sebagainya. Selain itu mengkudu juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan saponin, serta berbagai zat yang bersifat antiradang dan antibakteri. Lalu dalam generos.id dikatakan bahwa manfaat lainnya yakni dapat menangkal radikal bebas pada otak dan meningkatkan kecerdasan berpikir. 

Dari Gramedia(dot)com menyebutkan ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi buah mengkudu dapat mendorong aliran darah ke otak dan membantu meningkatkan fungsi memori yang lemah. 

Temulawak 

Temulawak dikenal memiliki manfaat menambah nafsu makan. Aku masih ingat, dulu, kalau aku nggak mau makan, dibikinin jamu temulawak sama Atok. 

Namun ternyata manfaat dari temulawak banyak lho, Mombeb. Salah satunya baik untuk otak. 

Dalam kontan(dot)co(dot)id menuliskan bahwa senyawa kurkumin pada temulawak dapat memicu peningkatan kadar BDNF. Apa itu BDNF? Adalah hormon hormon yang membantu memperbaiki dan memperbanyak neuron dalam otak manusia. 

Selain itu juga, di generos.id disebutkan bahwa temulawak dapat mencegah bakteri jahat yang bisa menyerang kekebalan tubuh manusia. Temulawak berfungsi meningkatkan fungsi syaraf pusat. Temulawak juga kaya akan kandungan flavonoid yang mampu meningkatkan rangsangan otak dan nafsu makan pada anak.

Nah kan, 5 bahan alami yang terkandung di Generos memiliki banyak sekali manfaat untuk anak ya, Mombeb. 4 dari 5 bahan alami yang terkandung di Generos memiliki manfaat untuk otak. Jadi bisa dibilang Generos sebagai nutrisi kecerdasan otak. 

Apabila otak mendapatkan nutrisi maka neuron-neuron yang merupakan bagian dari otak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Koneksi-koneksi antar neuron terjalin dengan lancar. Dengan demikian kemampuan anak pun akan meningkat termasuk kemampuan bicara. Hal ini berarti Generos mengatasi speech delay atau terlambat bicara. 

Mombeb, jujur, aku senang sekali ada Generos ini. Menurutku, Generos ini akan menjadi partner andalan bagi para ibu dalam hal mencegah hingga mengatasi speech delay atau terlambat bicara. Selama ini, bisa dibilang susah banget cari partner yang berkaitan dengan speech delay atau terlambat bicara. Alhamdulillah sekarang ada Generos. 

Generos sudah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi GENEROS 193633201. Selain itu Generos juga terdaftar di LPPOM MUI dengan Nomor register GENEROS di LPPOM MUI : 12120002440519 

Soal testimoni Generos mah sudah segambreng, banyak banget. Untuk lebih mudah cari tahu soal Generos berikut testimoni Generos, Mombeb bisa follow Generos di website generos.id atau di media sosialnya yak, nih aku jentrengin di bawah ini:

Instagram: @generos.id

Facebook page: Generos.id

Youtube official: Generos

Tiktok: generos.id



Jadi Mombeb, karena sekarang sudah ada Generos jadi yuk kita cegah anak-anak kita mengalami terlambat bicara atau speech delay dengan memberikan Generos pada anak. Namun bagi Mombeb yang mengalami hal sama seperti aku yakni memiliki anak yang terlambat bicara, yuk berikan Generos juga. InsyaAllah Generos akan meningkatkan kemampuan bicara anak kita, Mombeb. Aamiin. 

Oya, Generos sudah tersedia di berbagai marketplace, Mombeb. Jadi kalau mau beli Generos, bisa disitu. Atau Mombeb juga bisa beli melalui websitenya Generos.  

Jadi sekian ceritaku tentang saat anakku terlambat bicara. Semoga pengalaman ini bisa memberi manfaat bagi mombeb semuanya. aamiin

Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Sehat dan bahagia selalu untuk kamu, Mombeb. See yaaaa

***

Referensi:

https://pauddikmasdiy.kemdikbud.go.id/artikel/penyebab-speech-delay-atau-keterlambatan-bicara-pada-anak/

https://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/keterlambatan-bicara

https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/makan-sehat/wajib-tahu-6-kandungan-gizi-ikan-sidat-apa-saja-

https://kkp.go.id/djpdspkp/bbp2hp/artikel/37168-sidat-indonesia-di-pasar-dunia

 https://www.farmasetika.com/2020/02/11/daun-pegagan-herbal-ajaib-peningkat-kecerdasan-otak/amp/

https://www.gramedia.com/best-seller/manfaat-buah-mengkudu/amp/

https://generos.id/generos-anak-lancar-bicara/

https://www.fimela.com/parenting/read/4634684/5-rekomendasi-mainan-untuk-membantu-stimulasi-anak-yang-speech-delay

https://kumparan.com/kumparanmom/alasan-kenapa-anak-perlu-bernyanyi

https://generos.id/2022/06/03/khasiat-temulawak-untuk-anak-susah-makan/

https://generos.id/2022/05/19/manfaat-ikan-sidat-ratu-gizi-yang-membuat-anak-cerdas/

 

34 comments:

  1. Rata2 anakku juga telat bicaranya. Entah termasuk speech delay atau bukan. Butuh telaten stimulasi dan nutrisi, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stimulasi emang penting di awal anak belajar bicara. Terus nutrisinya kudu dilengkapi juga

      Delete
  2. ya ampun mba, itu tetangganya kok nggak di saring dulu kalau ngomong, wajar kl kesel wong ngomongnya ga sopan gitu, untungnya sekarang ada generos ya mba yang ngebantu anak-anak speech delay

    ReplyDelete
  3. Peranan orang tua sangat penting ya kak semoga dengan sering diajak bicara anaknya bisa lancar bicara di usianya kini

    ReplyDelete
  4. Komen-komen dari lingkungan itu lho, yang bikin nyess banget. Tapi harus lihat sisi positifnya, kita jadi ngecek milestone anak. Kalau ternyata sesuai, kita ga panik. Kalau tidak sesuai, tidak panik juga dan bisa segera bawa ke tenaga ahli

    ReplyDelete
  5. Beberapa anak tetangga ada yang speech delay, tapi aku gak ikut komentar. Cuma bilang, butuh banyak orang bicara di lingkungannya, lingkungan permainan si anak maksudnya. Kaya Keponakanku yang tiap hari kuajak nyanyi

    Sekarang udah baik-baik aja kan, Mbak? Udah ada solusi juga dari Generos

    ReplyDelete
  6. Peran orangtua memberikan stimulasi untuk anak bicara plus memberikan asupan terbaik, salah satunya Generos. Semoga dengan ketelatenan membuat kemampuan bicara anak sesuai usianya ya mba.

    ReplyDelete
  7. Anakku juga pernah konsumsi Generos dan kyknya cocok sih, makin aktif dan makin banyak omongnya. Tapi tentu saja stimulasinya juga lebih diperbanyak sih ya. InsyaAllah nanti kalau sering diajak biacara juga akan banyak omongnya dan saat itu tibaemaknya yang bingung jawabin pertanyaan hehehe

    ReplyDelete
  8. semangat ya mba, semoga lancar untuk setiap proses dan ikhtiar agar anak ngga lagi terlambat bicara. biasanya perlu banyak stimulasi , mengatur makan, dan juga pemberian vitamin ya

    ReplyDelete
  9. Huhu sedih banget dikatain gitu sama tetangga :' Untunglah mba merespon dengan baik. Menjauhi ia sejenak dan menjadikan kata-kata negatif itu menjadi bahan refleksi. Untung juga sekarang ada generos ya.

    ReplyDelete
  10. Paling gemes deh klo uda ada orang yang asal ngomong ga tau kaya gimana2. Apa lagi kalau uda ngomongin negatif.
    Memang penting banget untuk stimulasi anak ya mbak. Peran orang tua sangat penting dalam menstimulasi ini. Terima kasih rekomendasi géneros nya ya mbak 😊

    ReplyDelete
  11. Anak keduaku dulu juga terlambat dalam perkembangan vocabnya, Mba. Kupikir apa karena dia cowok, katanya kan gitu. Soalnya cara mengasuhnya juga sama dengan kakaknya, kok hasilnya beda. Ternyata sampai gede sekarang baru tau kalau dia tipe introvert. Kaann.. tetep saja khawatir ketika kecil perkembangan bicaranya lebih lambat dari kakaknya.

    ReplyDelete
  12. aku udah lama penasaran pengen cobain generos tapi belum keturutan semoga nanti bisa beli soalnya di kota ak udu nyari di beberapa apotek ga nemu

    ReplyDelete
  13. Jahara nian si ibu tetangga.
    Semoga ketajaman lidahnya, berbalik pada dirinya sendiri.

    Anyway, senangnya ada Generos. Multivitamin yang membantu asupan terbaik bagi otak anak-anak.

    ReplyDelete
  14. Banyak keraguan dan ketakutan saat si kecil terlambat bicara ya mbak. Selalu melakukan yang terbaik termasuk terapi si kecil, btw anak saya juga pakai Generos ini mbak.

    ReplyDelete
  15. memang kalau speech delay kita harus segera ambil langkah yang diperlukan ya mba.. termasuk memberi extra vitamin otak

    ReplyDelete
  16. Saat anak memiliki masalah dalam tumbuh enya orang tua mana yg tidak sedih. Saya ikut merasakan bagaimana perasaan ibu, jika buah hati mengalami speech delay. Terlebih dulu jangankan ada tempat untuk memecahkan masalah bersama seperti ini, atau solusinya, membicarakannya saja seolah jadi aib, tabu. Maklum di kampung. Sekarang Alhamdulillah ya, informasi semakin terbuka dan suplemen penunjang pun semakin mudah didapatkan

    ReplyDelete
  17. Waahh keren juga nih Generos, jadi ibu2 tanpa repot. Solutif bgt, tinggal dikonsumsi anak jadi simpel banget. semoga masalah speech delay nya segera teratasi ya Mba

    ReplyDelete
  18. Sekarang asyik ya ada Generos solusi untuk melengkapi nutrisi anak terutama untuk kebutuhan perkembangan otaknya.

    ReplyDelete
  19. MashaAllah~
    Kadang omongan pahit orang tuh justru bisa menjadi cambuk untuk lebih baik lagi dalam memberikan stimulasi kepada anak yaa, kak..

    Aku juga mengalami hal yang sama. Dari mulai sakit hati sampai kebal dan alhamdulillah kini diperkenalkan dengan produk Generos. Sehingga ikhtiar stimulasi dan nutrisi untuk otak juga dilakukan agar lebih maksimal.

    ReplyDelete
  20. speech delay tuh tricky bgt nanganinnya. anak harus off gawai, kasih kegiatan teruuuss yg tatap muka sama ortu/sodara. ajak bicara dikit2 konsisten.

    pokoknya yg sambil main seru biar anak jg fun. terapi juga bisa sih kalau memang mau lebih jelas alurnya

    ReplyDelete
  21. Meski perkataan tetangga nyelekit, bikin intropeksi diri agar menjadi orang tua yang lebih perhatian mendampingi anak-anak.
    Terlebih anak yang jarang diajak ngobrol.
    Iktiarnya kudu kenceng, termasuk mencukupi nutrisi otaknya pakai Generos

    ReplyDelete
  22. eh aku tau ikan sidat dari tulisan bloger sapa ya, karena ada mahasiswa yang budidaya ikan sidat Ternyata banyak manfaatnya ya untuk anak. Dulu inget anakku juga terlambat bicara karena gangguan oromotor. Namun belum ada info suplemen ini. Semoga banyak orangtua yang terbantu dengan produk Generos ya mba. Amin.

    ReplyDelete
  23. Ya Allah, tetangganya kasar banget mba. Kalau saya juga sakit hati banget. Langsung blokir nomor hpnya. Ponakan saya juga ada yang speech delay, udah 3 tahun tapi kosa katanya dikit banget. Suka kasihan, krn ga bisa ngomong dia jadi susah menyampaikan keinginan. Saat dia marah2 atau nangis, org tuanya bingung apa yang sebenarnya diinginkan. Makasih tipsnya mba, bisa jd pelajaran nanti klo saya punya anak.

    ReplyDelete
  24. Enggak menyangkal kalau dari kata pedes itu kita jadi refleksi ya mba. Akupun pernah mengalaminya juga. Meski perkataan tersebut mengarah ke body shaming tapi akhirnya jadi pendorong untuk melakukan yg terbaik untuk anak.

    ReplyDelete
  25. Emang pedes banget omongan tetangganya, meski ada benernya juga, tapi cara nyampeinnya itu. Semoga deh dijauhkan dari golongan tetangga yg nyebelin.

    Makasih banyak mbak udah ngasih cerita pengalamannya soal kasus speech delay ini. Sehat terus buat keluarga.

    ReplyDelete
  26. Dulu sempet takut juga waktu anak agak telat bicara. Sampai akhirnya aku ajak ngobrol terus dan alhamdulillah dia mau bicara

    ReplyDelete
  27. Nyinyiran tetangga memang memang menyakitkan banget ya, Mbak. Padahal kita sebagai Ibu, udah berusaha dan mengupayakan anak agar mau berkomunikasi (belajar bicara).

    Untungnya sekarang ada Generos yang mengandung nutrisi tepat untuk anak.

    ReplyDelete
  28. Saya sendiri kebetulan memiliki beberapa teman dekat yang juga punya anak terlambat bicara. Kesabaran seorang Ibu diuji betul yah, kak.. tetap semangat!

    ReplyDelete
  29. jadi ingat dulu adik bungsu saya juga telat banget bicaranya, mbak. umur 3 tahun ngomongnya baru sepatah 2 patah kata sampai dikira bisu. alhamdulillah sih ternyata nggak. sekarang setelah jadi orang tua jadinya selalu berusaha memantau tumbuh kembang anak apakah sudah sesuai umurnya atau belum

    ReplyDelete
  30. Kadang gak setiap anak pertumbuhannya selalu sama ya Mbak. Bisa jadi memang di satu sisi ada lebih cepatnya namun di sisi lain malah terlihat ambat gitu. Kayaknya aku suka kesel jga omongan org kadang gitu. Tapi senang sih, hehe ada solusinya skrg dgn Multivitamin Generos ini, kandungannya bagus banget

    ReplyDelete
  31. Ngeselin dan nyakitin banget sih omongannya. Btw dari artikel ini aku jadi tau kalau ikan sidat ternyata kandungannya lebih tinggi ketimbang ikan salmon. Sejak lama pengen ikan salmon, tapi gak tau dimana belinya karena sepertinya jarang ada di Indonesia. Eh ternyata ikan sidat malah lebih unggul omega-3 nya.

    ReplyDelete
  32. Setiap anak memiliki tumbuh kembang yang berbeda termasuk kemampuan berbicara ya. Kita harus ekstra sabar. Tetep stimulasi perkembangan si kecil dan yang pasti ga usah denger nada-nada sumbang, kadang suka aja ada yang judge. Huhuhu

    ReplyDelete
  33. Bagian dari ujian ya mbak yang sangat membutuhkan kesabaran ketika mendapati anak terlambat bicara, tetap semangat. Masih bisa diupayakan agar anak bs mencapai lancar bicara

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

About Me

Halo Assalamu'alaikum, Aku Inda, guru tk. Aku  ibu dari dua bocil, ken dan yumna, yang suka menulis, suka kulineran, jalan-jalan...