Inner Strength BISKUAT ACADEMY 2022 Modal Sukses Anak untuk Raih Mimpi

Dear, Mombeb.

Ada perubahan yang signifikan begitu aku menjadi orang tua. Setelah si kecil lahir, sejak saat itu fokus perhatian terbesar tidak lagi mengarah ke diri sendiri, melainkan terbagi-bagi. Porsinya pun tidak fifty-fifty. Lebih banyak porsi si kecil, pastinya begini. Dengan fokus perhatian yang begitu besar, aku berharap bisa membantu si kecil meniti jalan setapak menuju kesuksesannya meraih mimpinya di masa depan.

Banyak jalan menuju sukses raih mimpi. Sebagai orang tua kita seakan diharuskan untuk bisa memilah dan memilih mana sekiranya jalan menuju sukses yang bisa dilalui si kecil dengan baik. Tak lupa, do’a pun senantiasa terpanjat semoga jalan yang kita pilihkan untuk si kecil diridhoi oleh-Nya.

Nah, salah satu modal sukses masa depan anak yang bisa kita usahakan sejak dini adalah memberikan stimulasi inner strength pada anak. Apa itu inner strength? Inner strength adalah kekuatan karakter baik dalam diri anak. Adapun wujud dari kekuatan karakter baik dalam diri anak berupa mandiri, berani, percaya diri, baik hati, dan tangguh.

Kadang atau bahkan seringkali, orang tua hanya fokus untuk mengembangkan kemampuan akademik maupun bakat minat anak. Lalu lupa untuk menstimulasi ketangguhan anak, keberanian, rasa percaya diri, hingga memupuk nilai-nilai kebaikan pada anak. Padahal dengan memiliki inner strenght, menurut Psikolog anak dan Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi, dalam kompas(dot)com, inner strength ini dapat membantu anak mengembangkan potensinya baik itu potensi di bidang akademik, bakat, ataupun minat.

Karakter-karakter yang terdapat dalam inner strength bisa saja diturunkan oleh orang tua. Namun menurut Hebb, pakar neurologi, karakter orang tua yang diturunkan pada anak hanya 20% saja. Sisanya, terbentuk dari lingkungan sekitar anak. Nah oleh karena kita tidak bisa mengontrol lingkungan di luar keluarga, maka dari itu mari kita ambil alih hal tersebut agar bisa membentuk inner strength pada anak. Untuk lingkungan di luar keluarga, sisakan sedikit saja, sebagai bahan pembelajaran.

Melansir laman University of Michigan Health,  ada beberapa cara untuk menumbuhkan inner strength pada anak.

Pertama, memberikan rasa aman dan cinta pada anak.

Penting untuk menunjukkan rasa cinta kita pada anak. Sederhana saja, hanya perlu meluangkan waktu untuk beraktivitas bersamanya, sudah berhasil membuat anak merasa dicintai orang tuanya. Lalu tawarkan juga rasa aman padanya sehingga ia merasa nyaman saat bereksplorasi dan melatih keterampilannya. Hal ini dapat menumbuhkan inner strength pada anak bahkan sejak ia masih berada di fase usia dini.

Kedua, melatih keterampilan bersosialisasi.

Orang tua memberikan contoh pada anak bagaimana bersosialisasi yang baik. Karena orang tua adalah role model bagi anak. Mulai dari hal yang sederhana seperti tidak bergosip tentang orang lain. Selain itu, orang tua juga memberikan anak waktu untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya. Hal ini dapat melatih keterampilan sosial, emosional, dan bahasa. Anak-anak juga belajar untuk berbagi, bekerja sama, bernegosiasi saat mereka berinteraksi dengan teman sebayanya, dan membantu anak-anak belajar kepekaan terhadap perasaan orang lain.

Ketiga, melatih kemandirian anak dan menumbuhkan rasa percaya diri.

Melatih kemandirian dapat dilakukan sejak anak masih berada di fase usia dini. Dimulai dengan memberikan izin pada anak melakukan sesuatu untuk diri mereka sendiri, seperti berpakaian atau menyikat gigi. Berikan apresiasi saat anak berhasil melakukan tugasnya. Ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak bahwa ia sudah berhasil melakukan tugas yang diberikan orang tua. Jangan lupa juga untuk mengajarkan anak menerima kekurangan, menerima kekalahan, hingga membantunya menghadapi masa-masa yang sulit baginya. Tunjukkan rasa peduli pada bakat dan minat anak. Lalu bantu dan dukung ia untuk mengembangkannya.

Dengan melakukan 3 cara di atas, insyaAllah inner strength pada anak pun akan muncul, dan tumbuh dengan baik. Aku sendiri juga tengah mempraktikkan 3 cara tersebut. Alhamdulillah, beberapa inner strength anakku sudah nampak seperti percaya diri, dan mandiri. 




Namun ikhtiar soal inner strength pada anak tidak cukup sampai di sini. Tidak lantas berhenti begitu anak sudah menunjukkan kekuatan karakter baik dalam dirinya. Stimulasi harus tetap kita lakukan secara berulang-ulang dan terus menerus agar inner strength mengakar kokoh pada anak. Sehingga nantinya inner strength yang sudah kokoh ini dapat menjadi modal sukses anak untuk meraih mimpi-mimpinya. 

Untungnya, nih Mombeb, di zaman saat ini, kita tidak berupaya sendiri untuk mengantarkan anak menuju sukses meraih mimpinya. Karena ada banyak sekali yang peduli pada masa depan mereka. Bahkan ada yang sampai membuat sebuah akademi.

Akademi ini tak hanya peduli soal prestasi, melainkan juga memperhatikan potensi dan inner strength anak. Kerennya lagi, seluruh anak negeri bisa ikut akademi ini tanpa dikenai biaya alias gratis tis tis. Siapakah yang melakukan hal semulia ini? Ya BISKUAT donk.


Tentang Biskuat Academy


Biskuat merupakan salah satu brand andalan Mondelez International yang memiliki purpose-led brand (tujuan mulia) untuk menciptakan anak-anak #GenerasiTiger yaitu anak-anak yang tidak hanya berprestasi tetapi juga memiliki kekuatan baik dari dalam (inner strength) yang tercermin dari karakter positif anak.


Akademi apa, sih, yang didirikan sama biskuat?

Akademi sepak bola atau juga dikenal dengan nama Biskuat Academy. Ya, biskuat academy ini hadir sejak tahun 2019 sampai saat ini. Di masa awal lahirnya biskuat academy ini, sambutan hangat pun segera menghampiri. Salah satunya dari Kemenpora. Lalu pada tahun 2021, biskuat academy kembali menerima dukungan. Kali ini berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Nah di tahun ini, Biskuat Academy kembali mendapat dukungan dari Kemenpora dan Kemendikbudristek.


Sebagai orang tua, aku juga menyambut hangat Biskuat Academy ini. Karena apa? Sebuah artikel dari bolasport.com menyebutkan bahwa Indonesia menjadi negara kedua di dunia yang mencintai sepak bola dengan angka 77 persen penduduk yang mencintai sepak bola. Akan tetapi hanya 17 persen penduduknya aktif  bermain sepak bola pada urutan ke-22 di dunia.

Kenapa bisa timpang seperti ini? Persentase penduduk yang suka sepak bola berbeda jauh dengan penduduk yang aktif bermain sepak bola. Menurutku Mombeb, salah satu penyebabnya yakni masih minimnya sekolah-sekolah bola di negeri ini. Kalaupun ada, itupun sebagian besar berada di kota-kota besar. Padahal tidak menutup kemungkinan bahwa ada banyak anak-anak yang berada di desa-desa hingga daerah terpencil memiliki bakat sepak bola dan minat serta mimpi ingin menjadi pemain sepak bola sukses.

Bagiku, Biskuat Academy ini semacam memberikan angin segar yang membawa kabar bahagia. Terutama bagi anak-anak yang berada di daerah yang mana tak ada sekolah bola di sana. Angin segar yang berasal dari biskuat academy ini seakan berbisik ke telinga seluruh anak negeri ini, terutama bagi mereka yang menyukai sepak bola:”Nak, jangan menyerah, kamu bisa meraih mimpimu menjadi pemain bola sukses, kami bantu untuk raih itu.”

Nah, dukungan yang diberikan instansi pemerintah kepada Biskuat Academy ini menunjukkan bahwa Biskuat Academy memiliki peran penting bagi masa depan generasi penerus bangsa ini. Apa sajakah itu? 



Peran Biskuat Academy bagi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa

Biskuat Academy Menstimulasi Inner Strength

Sepak bola dikenal sebagai salah satu olahraga yang dapat dijadikan sebagai ikhtiar untuk menjaga kesehatan tubuh. Artikel di Halodoc menjelaskan bahwa jika seseorang melakukan aktivitas olahraga sepak bola, maka ia dapat merasakan manfaat berupa meningkatnya kondisi kesehatan kardiovaskular, kepadatan tulang juga meningkat, meningkatkan fungsi otak kognitif, mengurangi lemak tubuh, sehat mental, meningkatkan fokus dan konsentrasi.  

Kemudian, selain baik untuk kesehatan, sepak bola juga punya segudang manfaat lainnya. Sebuah penelitian yang dilakukan Komarudin mengungkapkan peran sepak bola dalam pendidikan sosial anak. Hasil penelitiannya yang terbit di Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, menunjukkan bahwa bermain sepakbola akan memupuk sikap-sikap sosial yang positif antara lain: semangat pantang menyerah, kebesaran jiwa untuk menerima kemenangan maupun kekalahan, tanggung jawab akan tugas, perjuangan dan pengorbanan, toleransi, kerja sama dalam mencapai tujuan dan semangat untuk selalu bekerja keras.

Lebih lanjut, hasil penelitian yang dilakukan Yanti dkk di sebuah sekolah sepak bola mengungkapkan bahwa ada banyak nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa sekolah sepak bola Sausu Raya. Karakter-karakter yang nampak pada anak-anak sekolah sepak bola tersebut meliputi disiplin, pantang menyerah, toleransi, bertanggung jawab, menghargai prestasi, dan peduli pada lingkungan sekitar.

Jika diamati dengan seksama, siswa-siswa yang menekuni olahraga sepak bola ini memiliki karakter-karakter baik. Jadi bisa dibilang olahraga sepak bola ini memiliki pengaruh terhadap karakter baik anak. Sehingga olahraga sepak bola ini pun memang bisa dijadikan sebagai salah satu ikhtiar untuk menstimulasi inner strength pada anak. Lalu apabila karakter baik anak sudah tumbuh maka dengan melakukan olahraga sepak bola ini, terutama ikut sekolah sepak bola seperti Biskuat Academy ini dapat menstimulasi hingga memperkokoh karakter baik dalam diri anak. 



Biskuat Academy Membantu Anak Meraih Mimpi

Sembari menstimulasi hingga memperkokoh inner strength anak yang merupakan modal meraih kesuksesan di masa depan, Biskuat Academy juga membantu anak untuk meraih mimpinya, lho. Ini mah sekali mendayung dua pulau terlampaui yak.

Ya, selain menstimulasi inner strength anak, ada beberapa hal lainnya yang dilakukan biskuat academy demi membantu anak-anak negeri ini untuk sukses raih mimpi menjadi pemain sepak bola yang mumpuni.

  •  Biskuat Academy memilih pelatih yang berlisensi UEFA A. 

Lisensi UEFA A ini dikeluarkan oleh federasi sepak bola UEFA. UEFA adalah badan pengatur sepak bola di negara Eropa. Sementara itu, Eropa sendiri merupakan suatu negara yang memiliki banyak klub sepak bola ternama. Para pemain sepak bola dengan kemampuan yang luar biasa juga lahir di sini. Selain itu, melansir dari simamaung(dot)com, untuk mendapatkan lisensi ini tentu bukan hal yang mudah. Karena sebelum mendapatkan lisensi UEFA A, terlebih dahulu harus mendapatkan lisensi UEFA B. Ditambah lagi harus menjalani masa belajar selama kurang lebih 2 tahun.

Dengan fakta seperti ini, bisa dibilang pelatih-pelatih yang berhasil mendapatkan lisensi dari UEFA merupakan para pelatih kelas dunia. Mereka dapat meningkatkan kemampuan para pemain sepak bola menjadi selevel pemain sepak bola internasional.

Memilih pelatih berlisensi UEFA A adalah salah satu bentuk totalitas Biskuat Academy dalam mendidik anak-anak calon pemain bola handal. Memilih pelatih kelas dunia ini, tujuannya untuk melatih hingga meningkatkan keterampilan sepak bola anak-anak Biskuat Academy. Selain itu, ini juga sebagai persiapan untuk menjadi pemain bola masa depan.

  • Mengajak anak-anak Biskuat Academy untuk bertemu pemain profesional dari Tim Nasional Sepak Bola Indonesia.

Melansir dari KBBI, motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Sementara itu dalam ilmu psikologi, motivasi bermakna usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya.

Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi anak dalam meraih mimpinya adalah dengan memberikannya kesempatan untuk bertemu dengan sosok yang juga berhasil meraih mimpi yang sama dengannya. Jika anak bermimpi untuk menjadi pemain bola sukses maka pertemukan ia dengan salah satu pemain bola sukses juga. Misalnya bertemu dengan tim nasional sepak bola Indonesia. Bagi seorang anak, bertemu dengan orang yang berhasil meraih mimpi yang sama dengannya dapat membuatnya yakin bahwa ia juga bisa berhasil meraih mimpi. 

Mombeb, Biskuat Academy paham betul bahwa dengan mempertemukan para peserta dengan salah satu anggota tim nasional sepak bola Indonesia akan membuat anak semakin termotivasi untuk meraih mimpinya. Anak-anak pun akan makin semangat untuk meningkatkan kemampuannya di olahraga sepak bola. Hal ini juga dilakukan karena Biskuat percaya, jika satu pelatih saja dapat mengembangkan sekelompok anak, maka dukungan penuh dari berbagai pihak seperti guru, orang tua, dan masyarakat sekitar dapat menghasilkan perubahan maksimal dalam pengembangan olahraga sepak bola, terutama untuk mengasah skill sepak bola generasi muda.

Nah, setelah kita tahu betapa banyak manfaat yang dapat diperoleh anak jika ikut Biskuat Academy, rasanya, tak ingin menyia-nyiakan kesempatan luar biasa ini. Oleh sebab itu, yuk mari kita ikutkan anak-anak kita yang memiliki mimpi menjadi pemain bola sukses ke Biskuat Academy. Caranya mudah koq, Mombeb. 


Keuntungan ikut biskuat academy ini, selain dapat menstimulasi inner strength dan dapat meraih mimpi menjadi pemain bola sukses, anak juga berkesempatan untuk memenangkan tur ke Stadion di Eropa dan ratusan hadiah lainnya. Lalu anak juga akan mendapatkan E-Certificate untuk seluruh peserta dan sertifikat fisik yang ditandatangani oleh Kemendikbud dan Kemenpora untuk finalis.


Disamping itu, pada program BISKUAT ACADEMY 2022, Bapak Andhika J. Lestari selaku senior brand manager biskuat menginformasikan bahwa peserta yang mengikuti Sekolah Bola Online BISKUAT ACADEMY 2022 ini berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan dengan kurikulum yang disusun oleh pelatih bersertifikat UEFA yaitu Coach Timo Scheunemann dan Coach Aji sebagai sosok Pelatih Inspirasional pada BISKUAT ACADEMY 2022 yang dalam kesehariannya aktif sebagai pelatih yang berjasa dalam membentuk pemain sepak bola handal di Indonesia.

Jadi tunggu apalagi, Mombeb. Yuk segera kita daftarkan anak-anak kita yang menyukai sepak bola ke Biskuat Academy. Untuk tahun ini, Biskuat Academy sudah mulai dilaksankan sejak 25 September dan 9 Oktober 2022; 23 Oktober dan 9 November 2022; 20 November dan 11 Desember 2022; dan kelas terakhir yaitu pada tanggal 18 Desember 2022. Grand Final Sekolah Bola Online akan diselenggarakan pada 22 Januari 2023. 



Mombeb, mari kita dukung dan bantu anak-anak kita untuk bisa meraih suksesnya di masa depan menjadi pemain bola yang handal dan profesional. Aamiin.

 "Artikel ini diikutsertakan pada lomba KEB X Biskuat Academy" 

***

Referensi:

·      Komarudin. (2005).  Permainan Sepakbola Sebagai Wahana Pembinaan Sikap Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 3, No. 1, 2005

·      Yanti, Anita Novi., Hasnah, Sitti., dan Dzakiah. (2022). Nilai - Nilai Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Sepakbola (SSB) Sausu Raya. KIIIES 5.0, 2022, Volume 1

·      https://www.halodoc.com/artikel/ini-6-manfaat-sepak-bola-bagi-kesehatan-tubuh

·      https://hmn.wiki/id/UEFA_Pro_License

·      https://kbbi.web.id/motivasi

·      https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/28/105105220/pentingnya-inner-strength-untuk-dorong-potensi-anak?page=all.

·      https://www.uofmhealth.org/health-library/aba5885#aba5888

·      https://simamaung.com

36 comments:

  1. Mantap nih biskuat. Programnya cocok banget buat anak2 yang berminat dan berbakat di dunia sepak bola

    ReplyDelete
  2. Benar kurangnya sekolahnya bola sehingga kurangnya pengetahuan dan strategi pemain bola sejak ia masih kecil . Biskuat mendukung agar Indonesia cetak juara dalam bidang sepakbola

    ReplyDelete
  3. Keren ya, di Biskuat Academy, pelatihnya sudah bersertifikat UEFA A. Ini mah udah bagus banget, apalagi untuk mencetak anak-anak tangguh di masa depan di dunia bola

    ReplyDelete
  4. Cakep komitmennya Biskuat untuk anak-anak Indonesia dapat meraih mimpi lewat sepakbola ya. Semangat yuk tampilkan kekuatan baik dalam diri

    ReplyDelete
  5. Ortu perlu memunculkan inner strength anak supaya bisa mengetahui potensinya juga ya.
    Wah yang mengajar di Biskuat Academy gak main2 yaa, pelatihnya udah pelatih jempolan kelas dunia emua. Program2 kyk gini bagus buat anak, khususnya utk mereka yang memiliki hobi main sepak bola.

    ReplyDelete
  6. Sebagai ibu yang punya anak laki-laki jadi senang ada program seperti ini dari Biskuat Academy.

    Banyak manfaatnya ya latihan fisik untuk kemampuan motorik anak mba.

    ReplyDelete
  7. Seru nih ikutan Biskuat Academy, pelatihnya kelas dunia, hadiahnya banyak dan pasti skill bermain sepak bola anak bisa bertambah

    ReplyDelete
  8. wuah..masih ada kesempatan terakhir nih untuk ikut serta Biskuat Academy 2022. Share infonya ke teman-teman ah, biar mereka bisa ikutkan, terutama yang anak-anaknya suka main bola.

    ReplyDelete
  9. Memberikan rasa aman dan cinta yang tanpa syarat pada anak memang penting ya...tumbuh kembang mereka bisa optimal jadinya :D

    ReplyDelete
  10. Widiihh bareng Biskuat kita bisa bgt bangkitkan inner strength pd anak ya

    Semangaaattt para ortu๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  11. Anak-anak yang tumbuh dengan rasa cinta dari kedua orangtuanya tentu akan menjadi anak yang percaya diri dan memiliki inner strenght yang baik selain penting juga ikut dalam program Biskuat Academy 2022.

    ReplyDelete
  12. video sama Coach Aji itu menggugah banget lho karena kami tinggal di Jakarta yang mepet kanan kiri, mau main bola di lapangan luas itu butuh effort. Biskuat Academy keren nih buat dukung minat anak di dunia sepak bola.

    ReplyDelete
  13. Aku lihat videonya terinspirasi banget, baguus. Anak kalau didukung insha Allah maju. Setiap anak unik karena punya potensi masing-masing sesuai karakter anak ya mbak

    ReplyDelete
  14. Mombeb ternyata setelah melahirkan tugas kita ga selese ya malah bertambah wkwk ga cuma anak aja yang belajar kita juga sebagai Ibu harus belajar banyak. Thank you for sharing mba inda

    ReplyDelete
  15. Bisa buat solusi anak yang minat ke sepakbola untuk ikutan Biskuat Academy ya mbak, sekaligus mendorong dan mendukung kemampuan anak di bidang non akademik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak,
      Dengan begitu bakat anak yang gemar dengan sepakbola bisa tersalurkan, apalagi dibina oleh coach andal ya

      Delete
  16. keren lho program biskuat academy 2022 ini.. kebetulan juga momennya pas ama piala dunia yaa, hypenya dapet banget. anak2 juga sedang suka2nya ama bola nih :D

    ReplyDelete
  17. Beneran bukan kaleng-kaleng ya Biskuat Academy ini. Pelatihnya yang bersertifikat setara pelatih kelas dunia. Mana manfaat main bola juga banyak banget. Aku jadi seneng adikku hobi banget main bola tiap sore. Selain sehat semoga inner strenghtnya makin terasah.

    ReplyDelete
  18. wah bener-bener berkualitas ya Biskuat academy ini, pelatihnya juga nggak main-main dna bersertifikat

    ReplyDelete
  19. Inner strength itu bukan sesuatu yang ada dengan sendirinya lantas tidak perlu orang tua stimulasi ya .. inner strength tetap perlu distimulasi buat bekal anak juga. Btw Biskuat keren ya, peduli dengan isu inner strength ini.

    ReplyDelete
  20. Ga nyangka Indonesia jadi negara kedua penyuka bolaa
    Pantes sih di mana2 pada ngomongin bola (ga cuma pas piala dunia)
    Btw, kalau aku amati, biskuat sejak dulu memang concern sm anak2 yg suka bola ya
    Semoga komit terusss sehingga bakat anak2 bisa tersalurkan dr yg awalny cm hobi jadi profesii

    ReplyDelete
  21. Acungin jempol untuk biskuat dengan program-nya yang mengasah inner strength anak-anak dari kecil. Biskuat Academy peluang untuk menggali potensi anak yg tidak boleh dilewatkan ini.

    ReplyDelete
  22. Keren banget Biskuat Academy ini, pelatihnya handal bisa mencetak generasi muda tangguh ini. Meski pada intinya orang tualah tempat pertama yang mendukung tumbuh kembang anak menjadi baik. Namun dengan kegiatan semacam ini pastinya anak pun akan makin mandiri dan bertanggung jawab.

    ReplyDelete
  23. Mbaaaa tidak bergosip ttg orang lain ternyataaaa bs bangun inner strength pd anak yaaa

    Warbiyasaakkk baru paham lho eikeehhh

    Baiklaa mari kita saling support demi kebaikan buah hati yaaaa

    ReplyDelete
  24. inner strength ini bakalan mantaps nih kalau dari sejak dini sudah mulai teroptimalisasi ya....

    ReplyDelete
  25. Setuju banget, Mbak. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi anak dalam meraih mimpi adalah bertemu dengan sosok yang sudah berhasil menggapai mimpinya. Biskuat Academy jadi salah satu jembatan anak untuk raih mimpi jadi pesepak bola handal dan berkarakter baik yang kuat

    ReplyDelete
  26. Jika anak diberikan rasa aman, nyaman, dan cinta maka anak pun akan merasa nyaman dan memiliki inner strength yang kuat ya mbak sehingga bakatnya pun bisa muncul optimal.
    Kegiatan Biskuat Academy bagus sekali untuk menumbuhkan bakat anak khususnya dalam bidang olahraga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak,
      Jadinya anak-anak yang sejak dini udah seneng main bola dan kelihatan bakat dengan olahraga itu bisa disalurkan di sini

      Delete
  27. Infonya menarik nih mba, anakku juga hobi sepakbola sebenarnya. Memang betul mba, menumbuhkan inner strenght itu penting buat anak nantinya, biar tanggung menjalani kehidupan

    ReplyDelete
  28. Beruntung sekali orang-orang di masa sekarang, karena jadi bisa belajar banyak. Tahu apa saja yang dapat mendukung potensi anak. Coba deh tanya orang-orang kita dulu, mungkin pada bingung kali ya pas ditanyain tentang inner strength.

    ReplyDelete
  29. Sebagai orang tua kita memang harus melihat inner strength anak dan juga mendukungnya, terlebih lagi ada BISKUAT Academy ya yang bisa memfasilitasi mereka untuk meraih impiannya.

    ReplyDelete
  30. Momen piala dunia ini biasanya bikin makin banyak anak tertarik berlatih sepak bola. Bisa nih diajak belajar di Biskuat Academy ๐Ÿ˜ IMHO anak2 itu memang perlu diajak min belajar 1 olahraga, misalnya sepakbola. Bisa saja jadi jalan karirnya kelak. Tapikalaupun nggak khusus berkarir di bid tsb. Banyakhal positif didapat misalnya sehat dan fit plus belajar taktik dan kerjasama

    ReplyDelete
  31. Suka banget sih kalau sama program-program seperti ini, semoga program BISKUAT makin banyak cabang olahraga yang lainnya ya

    ReplyDelete
  32. Keren banget program yang diadakan biskuat dapat mendukung anak mengembangkan bakat anak dalam bidang olahraga

    ReplyDelete
  33. Bagus banget nih akademinya, anak2 kan emang kebanyakan suka main bola yah

    ReplyDelete
  34. Orang tua harus mendukung anak ya mbak
    Termasuk mengembangkan Inner strength nya
    Jadi anak makin bisa sukses meraih impiannya

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Inner Strength BISKUAT ACADEMY 2022 Modal Sukses Anak untuk Raih Mimpi

Dear, Mombeb. Ada perubahan yang signifikan begitu aku menjadi orang tua. Setelah si kecil lahir, sejak saat itu fokus perhatian terbesar ...