Ikhtiar Agar Hidup Tenteram dengan Memilih Astra Life Syariah Asuransi Syariah

 

Assalamu’alaikum, Mombeb.

Halo, apa kabar? Kaif haluki, Mombeb? Aku do’akan, semoga Mombeb dan keluarga selalu dalam kondisi sehat dan bahagia yak. Aamiin ya robbal’alamin.

Emmm...Alhamdulillah ya, Mombeb, kita masih diberi kesempatan sama Allah untuk ikhtiar menjadi hamba yang lebih baik lagi. Ikhtiar ini berupa melakukan ibadah di bulan yang penuh dengan rahmat dan pengampunan yakni bulan suci Ramadan.

 


Setiap kali ramadan tiba, aku biasanya mengharuskan diri untuk bisa khatam al-qur’an minimal 1 kali dan alhamdulillah hal ini bisa aku capai dengan tertatih-tatih, hehe. Juga tak lupa untuk menebar cinta dan kebaikan lainnya seperti berbagi takjil atau membawa jajanan ke musala maupun masjid untuk jamuan orang-orang yang tadarus di sana. Dengan menebar cinta dan kebaikan seperti ini, hal yang sederhana begini saja, sudah berhasil bikin sumringah. Hidup pun seakan memiliki manfaat, memiliki cinta, #LoveLife .


 #LengkapiCintadanKebaikan di Bulan Ramadan: Ikhtiar Memenuhi Janji pada-Nya Agar Hidup Tenteram


Namun untuk ramadan kali ini, aku ingin sekali #LengkapiCintadanKebaikan yang lain dari biasanya. Keinginan tersebut berupa mewujudkan sebuah janji yang aku buat 11 tahun yang lalu. Ya, janji itu bagaikan hutang. Jika tak diikhtiarkan untuk diwujudkan tentu tidak akan membuat tenteram. Apalagi janji yang aku buat ini bukan janji sembarang janji.  

Mombeb, 11 tahun lalu, aku pernah membuat sebuah janji. Bukan janji kepada sesama makhluk hidup, melainkan janji pada Sang Maha Pencipta Allah SWT. Bahwa saat nanti dititipkan amanah lagi, aku mau menjaganya sebaik mungkin, dan semaksimal mungkin. 

Janji tersebut terucap karena aku merasa gagal menjaga amanah Allah. Aku abai dengan nasihat keluarga. Aku merasa diriku (termasuk kandunganku) sudah tangguh, sehingga tak perlu melakoni nasihat ini itu. Hal ini berlangsung sampai menjelang 4 bulan kehamilan. Karena setelah itu aku tak merasa mampu lagi, aku tidak lagi percaya diri, karena rasa-rasa itu sudah berganti menjadi penyesalan teramat dalam. Andai aku tidak abai, mungkin aku tidak akan mengalami keguguran. Nasi sudah menjadi bubur. Yang harus aku lakukan adalah berbenah sehingga tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. 

Oleh sebab itu, begitu aku diberi amanah lagi sama Allah SWT, aku bertekad untuk menetapi janjiku. Janji yang aku buat sendiri. Janji yang aku ucapkan sendiri pada Allah SWT. 


Bentuk Ikhtiar Memenuhi Janji pada-Nya : Mempersiapkan Biaya untuk Mewujudkan Mimpi-mimpi Anak di Masa Depan 


Untuk menepati janjiku itu, aku memilih untuk memperlambat langkah mengejar mimpi-mimpiku sendiri dan memprioritaskan menjaga anakku, amanah yang Allah titipkan. Aku mulai dengan mempelajari secara intens soal tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak, bagaimana menstimulasi kemampuannya hingga langkah-langkah menemukan bakat dan minatnya. 



Lalu, seiring berjalannya waktu, perlahan, stimulasi-stimulasi yang aku lakukan pada anakku mulai menunjukkan hasil yang manis sekali. Bakatnya sudah ketemu, dan sekarang dalam tahap mengembangkan bakatnya tersebut, Alhamdulillah. Namun, ini bukan jadi hal yang terakhir, karena masih ada hal penting lainnya yang harus disiapkan sebagai bekal baginya menggapai mimpi-mimpinya. 


Mombeb, mewujudkan mimpi tak lepas dari yang namanya biaya uang. Meskipun biaya bukan satu-satunya cara, namun dengan adanya biaya tentu saja bisa sedikit mempermudah langkah mewujudkan mimpi. Ya, kan? 

Yup, aku benar-benar memikirkan hal itu. Aku memikirkan soal menyiapkan dana untuk mewujudkan mimpi anakku. Dan ya, setelah aku cari-cari referensi soal biaya pendidikan yang sekiranya masih ada kaitannya dengan bakat yang anakku tunjukkan saat ini, rupanya, membutuhkan biaya yang tidak sedikit mengingat ada inflasi pendidikan. Terlebih lagi saat anakku menceritakan mimpi-mimpinya yang lain yang tinggi-tinggi sekali. Beugh, biaya yang dibutuhkan makin melambung saja. Hahayyy.

Inflasi biaya pendidikan naik setiap tahun. Kompas menyebutkan inflasi tersebut bisa mencapai 20%. Persentase ini tentu bukan hal yang bisa dianggap remeh, bukan? Yup.

Dalam publikasi ilmiah yang berjudul Statistik Penunjang Pendidikan (Hasil Susenas Modul Sosial Budaya dan Pendidikan) Tahun 2021, BPS menyajikan data rata-rata biaya pendidikan selama tahun ajaran 2020/2021 di setiap jenjang pendidikan. Untuk jenjang perguruan tinggi, rata-rata biaya yang dikeluarkan adalah 14,47 juta rupiah. Lalu rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk jenjang SMA/sederajat yakni 7,80 juta rupiah. Sedangkan untuk SMP/sederajat dan SD/sederajat, masing-masing sebesar 5,59 juta rupiah dan 3,24 juta rupiah. Lalu berdasarkan dara ini dan dengan asumsi kondisi sama seperti tahun 2020/2021, maka berapakah rata-rata biaya di setiap jenjang pendidikan pada 10 tahun kemudian? Jika dikalkulasi, sepertinya bukan nominal kecil yang akan muncul di layar alat hitung. 

Aku sempat mengkalkulasi estimasi biaya pendidikan PT anakku pada 10 tahun ke-depan dengan asumsi inflasi 20% setiap tahun, dan hasil perhitunganku cukup bikin aku kaget sendiri, sih. Aku tahu biaya pendidikan itu memang tidak sedikit tapi kaget aja aja gitu begitu tahu estimasi nominalnya.


 

Mombeb, aku ingat betul bagaimana ekspresi anakku saat menceritakan mimpi-mimpinya itu. Ia nampak antusias dan riang gembira. Aku tentu turut senang, tentu saja. Namun, kalau boleh jujur, di sisi lain, ada rasa khawatir yang menyelinap, "kalau aku nggak ada, akankah ia mengalami kesusahan untuk bisa mewujudkan mimpi-mimpinya yang tinggi-tinggi itu? Jika iya, berarti aku gagal menepati janjiku pada Allah untuk menjaga amanah-Nya sebaik mungkin, semaksimal mungkin."

Ya, deadline usia seorang hamba adalah rahasia Sang Maha Pencipta. Oleh sebab itu, aku pikir, sudah seharusnya mempersiapkan segalanya sebelum usiaku usai sebagai bentuk ikhtiar memenuhi tanggung jawab seorang hamba pada Tuhannya. Termasuk menepati janjiku pada-Nya berupa mempersiapkan biaya untuk masa depan anak semaksimal mungkin. Ada atau tidak ada aku, masa depan untuk si kecil sudah dipersiapkan dengan matang.

Ikhtiar Memenuhi Janji pada-Nya Agar Hidup Tenteram dengan Memilih Astra Life Syariah Asuransi Syariah 


Mombeb, ada banyak cara mempersiapkan masa depan anak. Salah satunya melalui asuransi.Untuk hal ini, pilihanku jatuh pada #AstraLife.

Beberapa hal yang membuatku tertarik pada Asuransi Astra Life.

Pertama, karena filosofi dari Astra Life.

Fyi, Astra Life ini merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Melansir dari website Astra Life, sejak 2014, tepatnya di bulan Mei, Astra Life semakin berkembang. Hal ini terlihat dari inovasi-inovasi Astra Life dalam menghadirkan produk perlindungan serta layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Adapun layanan yang ditawarkan Astra Life pun beragam yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakt dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link), asuransi jiwa syariah, dan juga nasabah kumpulan berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit group business) dan pendiri dana pensiun (DPLK).

Mombeb, dari uraian di atas, bisa dibilang kalau produk yang ditawarkan Astra Life ini benar-benar komplit. Tentu ini menjadi kabar yang menyenangkan, terutama bagi nasabah. Namun lebih dari itu, ada hal yang membuatku merasa happy karena menemukan yang aku cari, yang ssesuai dan sejalan denganku. Apakah itu? Filosofi Astra Life. 

filosofi astra life

Yup, aku suka sekali dengan filosofi Astra Life yang menurutku amat unik. Selain itu juga, filosofi ini senada dengan hal yang ingin aku lakukan untuk anakku. Inginku, ikhtiarku mempersiapkan masa depan untuk anakku ini tidak hanya bisa melindunginya saat ia meraih mimpinya. Melainkan juga mampu mendukungnya, memberikan sebuah kekuatan lebih untuknya sehingga ia bisa melompat untuk meraih mimpi-mimpinya yang lain yang bahkan lebih tinggi dari mimpi sebelumnya.



Kedua, karena Astra life memiliki produk #AstraLifeSyariah

Serasa dimengerti, Astra Life menyediakan produk yang sesuai dengan keyakinanku yakni dengan menghadirkan Astra Life Syariah. Melansir dari website Astra Life, hadirnya astra life syariah ini untuk memenuhi dan melengkapi kebutuhan para nasabah. Ini merupakan bentuk cinta dari Astra Life kepada para nasabahnya dengan menghadirkan perlindungan yang dapat mendatangkan ketenteraman hati baik bagi nasabah sendiri maupun keluarganya.  

Sebagai seorang muslimah, tentu jalan yang harus aku pilih tidak berlawanan dengan keyakinanku. Karena jika berlawanan tentu tidak akan menghadirkan rasa tenang, rasa tenteram. Oleh sebab itu, aku senang sekali saat tahu Astra Life menghadirkan Astra Life Syariah.

Adapun rujukan dari Astra Life Syariah ini yakni pada Fatwa Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No. 21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah. Asuransi Syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan / atau tabarru' yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah. 

Ketiga, karena pencapaian dari Astra Life

Astra Life yang memiliki izin dan diawasi oleh otoritas jasa keuangan ini memiliki pencapaian yang luar biasa. Dari website Astra Life dituliskan bahwa berdasarkan data per September 2022, Astra Life merupakan perusahaan asuransi jiwa dengan total aset mencapai Rp. 7,54 trilliun dan dengan tingkat solvabilitas berada di angka 268% (untuk asuransi jiwa konvensional).

Lalu, selain pencapaian dalam hal aset, Astra Life juga mendapatkan segambreng penghargaan. Mulai dari mendapatkan Special Mention as Potential Brand Award 2017 untuk kategori asuransi jiwa di ajang Indonesia Prestige Brand Award (IPBA) 2017. Lalu penghargaan STAR PARTNER AWARD dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Group tahun 2017. Kemudian mendapatkan penghargaan Innovative Company in Providing Insurance for The Millennial Generation tahun 2019. Lalu penghargaan Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) untuk kategori Asuransi Jiwa dan Kesehatan yang diperoleh setiap tahun, dan berbagain penghargaan lainnya. 

Keempat, ada begitu banyak manfaat dari asuransi syariah astra life ini. Lalu apa sajakah manfaat dari Asuransi Syariah Astra Life ini? Berikut aku jentrengin manfaatnya buat kamu, Mombeb, temanku tersayang.




Yup, ada 3 produk Asuransi Syariah Astra Life ini. Setiap produk memiliki manfaat masing-masing.

1. Flexi Life Syariah

Merupakan asuransi jiwa murni dengan manfaat santunan tutup usia hingga RP. 2 Milyar tanpa cek medis. Lalu untuk santunan tutup usia akibat kecelakaan maka akan mendapatkan 200%, Mombeb. Oya, flexi life syariah ini juga mencakup perlindungan atas virus yang baru-baru ini sempat menjadi pandemi di negeri ini. Apalagi kalau bukan covid-19. Nah, kalau kamu tertarik dengan flexi life syariah, kamu bisa membelinya secara online di https://ilovelife.co.id/products/produk-life-syariah/6448




2. ASLI Asya Proteksi Syariah

Nah, bagi kita-kita nih yang rutin melakukan mudik lebaran, maka asuransi ASLI Asya Proteksi Syariah ini akan cocok buat kita. Karena apa? Ya memang salah satu peruntukkannya untuk kita-kita yang rutin mudik lebaran. Tapi selain itu juga produk ini juga bisa memberikan perlindungan menyeluruh mulai dari jiwa, terminal illness, dan cacat total maupun tetap.

ASLI Asya Proteksi Syariah ini memberikan bonus loyalitas awal tahun polis ke-11 dan ke-16 masin-masing 16%, juga mendapatkan tambahan booster investasi 3% mulai dari awal tahun polis ke-11 hingga berakhirnya polis, serta memberikan manfaat nilai dana sebesar 100% di akhir masa polis. Oya, pembayaran kontribusi berkala untuk produk ini bisa dibilang terjangkau. Penasaran seberapa terjangkaunya produk astra life syariah satu ini? Kamu kunjungi saja link ini yak https://www.astralife.co.id/produk-syariah-asuransi-dasar/asli-asya-syariah-protection/




3. AVA iFamily Protection Syariah

Merupakan asuransi jiwa berjangka sesuai prinsip syariah yang memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia, meninggal dunia akibat kecelakaan, santunan dana kecelakaan, penggantian biaya rawat jalan darurat karena kecelakaan, serta santunan harian rawat inap dan rawat inap ICU. Waaahhh, banyak yak yang terlindungi di produk astra life asuransi satu ini. Eits nggak cukup sampai di sini sih, Mombeb. Karena masih ada tambahan manfaat lainnya yakni manfaat meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji, umrah serta mudik lebaran. Nah kan, bisa juga nih buat kita-kita yang rutin mudik lebaran untuk memilih produk asuransi astra life syariah yang satu ini.

Lalu untuk biaya kontribusi juga terjangkau loh, Mombeb, yakni mulai dari Rp. 90.000,- /bulan. Trus kalau Mombeb menambahkan anggota keluarga inti sebagai peserta tambahan yang diasuransikan dalam satu polis, maka bisa mendapatkan diskon kontribusi hingga 20%.

Mombeb, untuk produk ini, kamu bisa mendapatkannya di cabang PermataBank terdekat atau bisa juga dengan mengunjungi link ini yak https://www.astralife.co.id/produk-syariah-asuransi-dasar/ava-ifamily-protection-syariah/




Jadi,

seperti itulah alasanku tertarik dengan Astra Life Syariah. Karena yaaaaa ada segambreng hal positif nan bermanfaat di Astra Life Syariah ini yang sesuai dengan ikhtiar yang tengah aku lakoni demi bisa hidup tenteram karena sudah ikhtiar menepati janjiku pada-Nya.

Oya, buat Mombeb yang mau tung-hitung kontribusi untuk produk astra live syariah ini, kamu bisa mencoba kalkulator kontribusi dan manfaat dari Flexi Life Syariah dengan mengunjungi tautan ini ya https://ilovelive.co.id/products/product-life-syariah/6448

Lalu untuk update informasi, kamu bisa klik, dan follow Instagram @ilovelife.co.id @astralifeid  atau biar makin akrab boleh kali ya mention sembari tanya-tanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan produk astra life syariah.

Selain instagram, kamu juga bisa mendapatkan informasi terbaru di akun media sosial Astra Life berikut ini:

Twitter: @AstraLifeID

Youtube: @AstraLifeID

Facebook: @AstraLifeID

Nah, Mombeb, do’akan aku yak agar di bulan ramadan ini aku bisa melengkapi ikhtiarku berupa menepati janjiku pada-Nya yakni mulai menyiapkan masa depan amanah-Nya semaksimal mungkin. Karena dengan melengkapi ikhtiar ini rasanya aku bisa lebih tenteram, dan serasa aku sudah melakukan ikhtiar maksimal.

Lalu, tak lupa, aku juga mau do’ain kamu, semoga kamu senantiasa dalam kondisi sehat, bahagia, serta diberikan umur yang berkah nan manfaat oleh Allah SWT. Aamiin aamiin ya robbal’alamiin.

Sekian dulu ya blogpost kali ini. Aku harap ceritaku ini memiliki hal positif yang bisa dijadikan pelajaran dan memberikan manfaat.

Akhir kata, see yaaaa

Wassalamu’alaikum, Mombeb.

 ***

Referensi:

www.astralife.co.id

www.ilovelive.co.id

https://www.kompas.com/edu/read/2023/01/25/111430871/biaya-pendidikan-naik-15-persen-per-tahun-ini-cara-menyiapkannya

https://www.bps.go.id/publication/2022/06/30/994083098999eaec4abc9207/statistik-penunjang-pendidikan-2021.html


 

35 comments:

  1. Kalau kita punya asuransi, berarti ada jaga-jaga saat kenapa-napa atau untuk mewujudkan mimpi. Apalagi ini asuransi syariah yang pada progressnya menggunakan akad syariah. Yang tentu menghadirkan rasa nyaman terutama mereka yang muslim.

    ReplyDelete
  2. Info baru nih kak. Jadi lebih paham tentang asuransi syariah dari Astra. Dengan tiga jenis asuransi syariah yang tersedia, kita bisa menenukan mana yang sekiranya cocok dan kita butuhkan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak, jadinya pas nanti beli udah yang memang dibutuhkan ya produk asuransiny. Bisa cek simulasinya juga

      Delete
  3. Ini benar-benar baru ya, Kak. Soalnya saya baru tahu saat membaca ini saja. Asuransi Astra Life Syariah. Ini bisa jadi solusi bagi muslim yang mau ikut asuransi.

    ReplyDelete
  4. Saya juga lebih tenang dan tenteram jika menggunakan produk syariah. Tiga pilihan asuransi dari Astra Life Syariah ini, bisa jadi alternatif dan bahan pertimbangan ketika memilih produk asuransi.

    ReplyDelete
  5. Astra Life Syariah makin menambah beragam pilihan asuransi yang sudah ada. Apalagi ada beberapa jenis produk, tinggal menyesuaikan sesuai kebutuhan masing2.

    ReplyDelete
  6. Banyak ya produk dari Asuransi Syariah Astra Life ini, bikin nasabah nggak bingung lagi memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Apalagi masing-masing punya keunggulan yang dibutuhkan banyak nasabah

    ReplyDelete
  7. Jujur aku belum pake asuransi selain BPJS Kesehatan. Tapi cukup tertarik banget sama asuransi syariah karena masih belum banyak ya perusahaan asuransi yang punya layanan ini

    ReplyDelete
  8. Ada 3 andalan produk ya yang bisa dipilih di asuransi syariah ini. Apalagi dari Astra yang sudah familiar dengan kualitasnya dan pelayanannya yang baik ya

    ReplyDelete
  9. punya asuransi itu membuat hidup kita jadi lebih tenang yaa karena kita mikir kalopun terjadi sesuatu pada kita, insyaallah bisa diklaim asuransinya

    ReplyDelete
  10. bener sih yaa mba, kalau punya asuransi bisa bikin hati lebih tentram kalau kalau terjadi musibah, jadi ga makin pusing mikirin biaya rumah sakit atau operasi. Terlebih jika ada yg meninggal dunia

    ReplyDelete
  11. Kita manusia berencana. Untuk itu segalanya perlu dipersiapakan, terutama financial kita. Unrungnya sekarang udah ada Asuransi Astra Life Syariah yang bisa menjawabnya. Pilihan produknya juga banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, alhamdulillah banget yaa. kita bisa memilih produk sesuai kebutuhan kita

      Delete
  12. Hidup lebih tentram kak saya setuju itu, mempersiapkan diri penting. Tapi carilah produk yg jelas dan tepat sesuai kebutuhan ya kak

    ReplyDelete
  13. Saya juga pernah mengalami keguguran kak, ya pastinya itu sudah takdir dari Allah SWT, yang penting kita selalu berikhtiar untuk melakukan hal yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  14. Nah iya. Simulasinya membantu sekali untuk mengetahui sesuai kebutuhan ya. Ditambah ada kalkulator kontribusi dan manfaatnya, kita makin tahu deh. Apalagi Astra Life Syariah ini lebih disukai oleh orang di Indonesia

    ReplyDelete
  15. Wah, menarik ya ada asuransi dari Astra yang menyertakan mudik juga. Memang perjalanan mudik apalagi perjalanannya jauh dan lama punya risiko.. Seneng Astra punya asuransi syariah seperti ini, jadi bisa milih supaya lebih tenang kalau asuransinya syariah...

    ReplyDelete
  16. asuransi Astra Life Syariah ini pilihannya banyak, memudahkan untuk kita memilih yg tepat sesuai kebutuhan keluarga ya mbak.
    Salah satu bentuk ikhtiar yang bisa dilakukan juga untuk menjaga anak dan keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget, kita bisa pilih sesuai kebutuhan. Rasanya hidup akan lebih tenang bila kita sudah punya asuransi yaa

      Delete
  17. Namanya juga asuransi kan memang untuk persiapan kenyamanan di masa mendatang yah, kak. Tentu memilih layanannya juga gak boleh asal saja. Astra Life Syariah ini bisa jadi pilihan terbaik tentunya.

    ReplyDelete
  18. Semoga mimpi terwujud berasama asuransi syariah. Asuransi yang berjalan dengan prinsip keislaman.

    ReplyDelete
  19. Beberapa teman saya mengalami masalah dengan Asuransi, yakni ketika mau mencairkan dana, tidak bisa. Mudah-mudahan Asuransi yang ini tidak seperti itu.

    ReplyDelete
  20. yang pasti hidup kita akan lebih tenang dan tenteram saat punya asuransi ya kak. Apalagi biaya rumah sakit sekarang tuh benar2 mahal. Kalo ga dibantu asuransi, pasti abis deh duit kita buat berobat.

    ReplyDelete
  21. Beberapa kali ditawari oleh agen asuransi untuk ikut asuransi. Tapi masih belum terpikirkan untuk ikut asuransi sekarang

    ReplyDelete
  22. Hidup penuh ketidakpastian
    Adanya asuransi bisa membuat hidup kita yang tidak pasti menjadi terlindungi
    Hati pun jadi tenang

    ReplyDelete
  23. Dalam hidup ini kita harus berusaha dan berdoa untuk mencapai tujuan. Tak ada yang langsung ada dan jadi. Perjalanan juga tak pasti. Untuk itu perlu perlindungan yang nyata dan aman.

    ReplyDelete
  24. Terharu baca kisah di baliknya. Semoga dimudahkan menjalankan ikhtiarnya utk keluarganya di bulan ramadhan ini ya mbak :)

    ReplyDelete
  25. Asuransi bak persiapan di masa mendatang, dan jangan samakan asuransi dengan tabungan sebab keduanya berbeda

    ReplyDelete
  26. Ada 3 produk pilihan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan ya kak. Semangat selalu kak, dan semoga mendapat kemudahan darinya

    ReplyDelete
  27. Wah mkasih mb sharing nya paling tidak bisa jadi referensi saat memilih asuransi kesehatan 😊

    ReplyDelete
  28. Astra Life punya track record yang baik, dan sangat tepat banget ya buat punya asuransi dari sekarang buat masa depan

    ReplyDelete
  29. Aku tuh minim literasi asuransi, baca ini jadi punya gambaran tersendiri. Thank you kak, semoga tercapai goals hidup tentramnya, penting bgt poin ini sih

    ReplyDelete
  30. Kalau yang serba syariah itu biasanya memang karena akadnya jelas ya mba, sehingga bikin hati tenang. Semoga di bulan ramadhan ini Allah jawab doa2nya ya mba dengan takdir terbaik dariNYA...aamiin

    ReplyDelete
  31. Jaman sekarang hidup akan lebih tenang dan tenteram apabila memiliki asuransi jiwa yang menjamin kelangsungan hidup dan juga demi kepentingan keluarga, dan asuransi astra life bisa jadi solusi sekaligus memberi rekomendasi buat yang lain

    ReplyDelete
  32. info menarik, sekarang astra life ada yang asuransi syariah ya, yang pasti akadnya juga beda dibandingkan yang konvensional

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

About Me

Halo Assalamu'alaikum, Aku Inda, guru tk. Aku  ibu dari dua bocil, ken dan yumna, yang suka menulis, suka kulineran, jalan-jalan...