Terlambat Mewujudkan Mimpi Jika Memulai Karir di Usia 30+ ?

Assalamu'alaikum, 

Dear Mombeb. 

Apa kabar, Mom? aku do'akan kamu dan keluarga selalu dalam kondisi sehat dan bahagia. Aamiin ya robbal'alamiin.

Mom, kalau boleh tahu, di usia berapa kamu memulai karir? Di usia mudakah? Kalau iya, pasti sekarang lagi di puncak karir ya, Mom? Alhamdulillah, aku ikut senang dengan keberhasilan kamu, Mom. 

Lalu, menurut kamu, Mom, apakah aku terlambat memulai karir di usia 30 lebih? Karena beberapa orang di sekitarku bilang kalau aku sudah terlambat mewujudkan mimpi jika memulai karir di usia 30 lebih. Katanya, karirku nggak bakal bisa berada di puncak. 

Waktu aku dengar kalimat begitu, aku ke-memeg-an sih alias nggak bisa berkata-kata karena saking kagetnya. Baru, setelah beberapa menit kemudian, yang pasti setelah yang mengatakan tersebut pergi, aku mulai memikirkan kalimat tersebut. 

Kalau boleh jujur, aku memang mewujudkan mimpi aku melalui jalan karir yang baru aku mulai ini. bisa Mimpiku ini pun bisa dibilang cukup tinggi, sih. Aku berani menaruh mimpi tinggi pun karena beberapa alasan. Sebab kebetulan karirku saat ini adalah hal yang aku sukai yakni diy dan anak-anak. Coba deh tebak, aku tengah berkarir sebagai apa? Yup, aku jadi guru paud, Mombeb, yeayyyy. 

Nah, selain itu, berdasarkan pengamatanku yang bisa dibilang masih cukup dini sih, jalan untuk berkarir di dunia paud di tempat tinggalku ini masih terbuka lebar. Inilah yang membuatku berani bermimpi tinggi, tinggi sekali. Namun setelah mendapatkan respon begitu, aku pun mulai ragu untuk menaruh mimpi setinggi itu. 

Memang, tak dapat dipungkiri, beberapa kali aku mendapati badanku jadi mudah lelah. Main ular naga panjangnya sama anak-anak tk barang sebentar saja, aku sudah menggos-menggos. Pyuuhhh, payah yah. Mungkin kalau masih muda aku bisa berlarian ke sana kemari yiha. 

Lain dari itu? Untuk saat ini aku belum nemu lagi kesulitan berkarir di usia 30+. Aku malah menemukan kelebihan dari berkarir sebagai guru paud di usia yang sudah tidak muda lagi ini. Pertama, aku punya banyak referensi media belajar untuk anak tk. Bahkan sebagian besar berdasarkan pengalaman pribadi saat bikin media belajar buat duo bocilku. Kedua, aku juga punya banyak referensi perkembangan anak usia dini. Ketiga, lebih selow dalam menghadapi masalah, nggak reaktif seperti pas aku masih muda dulu. Baru nemu tiga ini sih. 

baca juga: kreasi mainan dari barang bekas

Hasil renunganku itu menunjukkan kalau lebih banyak hal positif yang aku dapatkan dengan memulai karir di usia 30+. Semoga saja, hal positif ini semakin bertambah yak. Aamiin

Jadi kalau dibilang memulai karir di usia 30+ itu terlambat memang nggak ada salahnya, sih. Apalagi jika dilihat dari garis start teman satu angkatan. Tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali berusaha untuk mewujudkan mimpi, bukan?  

Mombeb, do'akan aku yak. Do'akan aku bisa meraih mimpiku yang tinggi itu melalui jalan karir yang tengah aku lakoni ini. 

Makasih ya. Makasih banyak karena mau mendo'akan aku. Do'a yang baik akan kembali ke kamu, Mombeb. 

Sekian curhat kali ini. 

Nanti esok kita cerita-cerita lagi yak.

Wassalamu'alaikum, Mombeb.  

2 comments:

  1. Setuju banget. Kita bisa punya impian dan cita-cita di usia berapapun. Tidak ada kata terlambat! Tidak perlu juga dengerin komentar orang lain yang mungkin tidak mendukung atau negatif. Dengerin aja kata hati. Cari support system.

    ReplyDelete
  2. Setuju, tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai karir apa pun Kak. Termasuk karir baru. Selagi masih ada kesempatan, maju terus, insyaAllah ada jalannya.

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Why Does Your Shapewear Always Roll Down?

  Every once in a while you get that all too familiar feeling of your shapewear slowly sliding down as you relax. It is something that peopl...