Skip to main content
#MemesonaItu

THR Lebaran Anak, Dihabiskan atau Ditabung ?

Hai Mamis,

Sudah jadi tradisi. Kalau saat lebaran, anak-anak akan mendapatkan yang namanya uang lebaran atau lebih dikenal dengan THR Lebaran Anak. Entah dimulai sejak kapan tradisi ini. Yang pasti, tahun 1994, waktu aku TK B, tradisi ini sudah ada. *dah, ketahuan dah angkatan berapa.

Dulu, THR lebaran aku, cuma bisa dipakai untuk beli es krim, gulali, dan beli mainan boneka kertas di Pak Wek (penjual mainan mulai dari harga 100-an). Sementara, THR lebaran Siken, bisa buat ini itu, cyiiinnn. Lalu aku pun sempat TER..GO..DA. Hahay.

thr lebaran anak

Beberapa orangtua, ada yang memilih untuk mengarahkan THR Lebaran Anak menuju tabungan atau celengan anak. Kalau aku, untuk lebaran kali ini, lebih memilih mengarahkan THR Lebaran Siken untuk dihabiskan, dibelanjakan dulu. Tentu buat Siken, bukan buat emaknye lah. Kalau ada sisa, baru deh dipinjam emaknye, eh ditabung maksudnya. Bhahaha.

Bagi aku dan suami, lebaran adalah momen buat manjain bocah, buat Siken. Waktu kami, fokus perhatian kami, semuanya buat bocah. Yaaa..itung-itung, ini sebagai penyuplai kekuatan bahagia  bagi Siken. Karena setelah libur lebaran usai, Siken akan kami ajak berjuang lagi. Berhemat lagi.

Lalu THR Lebaran Siken buat apa saja nih ?.

1. Main di arena bermain
Siken senang sekali waktu diajak main ke sini. Banyak mainan yang ingin ia coba. Termasuk mainan yang bukan untuk bocah. Mulai dari mobil goyang-goyang, sampai nge-dance begini.


Tapi, bukan Siken aja sih yang happy. Aku dan ayahnya juga happy. Beberapa kali kami ikut nimbrung alias ikut Siken main. Dan ternyata....seruuuuuuu.



Kalau dipikir-pikir, main di arena bermain yang banyak game-nya ini tidak hanya membuat Siken kenal dengan aneka macam permainan yang canggih. Melainkan juga bikin Siken happy dan kami bisa menjalin bonding yang lebih kuat dengan Siken. That's the point.

2. Update fashion anak
Jangan ngaku jadi mamak kece sebelum bisa bikin penampilan si kecil juga kece.


Iyup. Menurut aku sih gitu. Nggak tahu deh menurut mas anang. Jadi demi membuat penampilan Siken jadi kece badai ulala, aku pun mencari informasi fashion yang lagi nge-trend buat bocah. Mengapa begitu ? Yaaaa biar penampilan Siken lain dari yang lain. Karena biasanya nih, apa yang lagi ngetrend di ibu kota, belum jadi trend di daerah sampai beberapa bulan kemudian.

Beli celana siken ini di Tokopedia

Setelah aku menemukan fashion yang cocok buat Siken dan juga lagi nge-trend, lalu aku langsung cus aja dah ke Tokopedia.. Pasti yang aku cari ada di Tokopedia. Yakin mah. Sudah terbukti.

Aku pernah cari-cari celana yang diidamkan suami, alhamdulillah ada di Tokopedia. Nyari jilbab yang lagi nge-trend juga ada di Tokopedia. Dan baru-baru ini, aku beli celana buat Siken dan tentu celana yang lagi nge-trend, juga di Tokopedia. Lengkap. Mau perlengkapan bayi baru lahir, ada. Mau beli mainan bayi, juga ada.  Semuanya ada di Tokopedia.

Selain lengkap, belanja di Tokopedia juga aman sih. Soalnya, belanjaanku yang berupa jilbab, mainan, dan celana buat suami, alhamdulillah nyampek semua. Mendarat dengan pasti dan selamat.

Kemudian, fitur-fitur yang ada di Tokopedia juga bikin aku nyaman belanja. Soalnya memudahkan banget. Mau cari produk dengan kisaran harga tertentu, ada fiturnya. Trus mau cari produk dengan lokasi penjual berada di daerah tertentu, juga ada fiturnya. Dan lain sebagainya.

3. Beli mainan
Aku memang suka bikin mainan buat Siken. Bikin mainan yang sederhana. Kalau yang canggih atau keren mah, nggak bisa. *ahay. Jadi THR lebaran Siken aku pakai buat beli mainan yang nggak bisa aku bikin. Seperti mobil-mobilan atau kereta api yang bisa jalan sendiri, tanpa didorong-didorong, atau mainan yang keren bin kekinian seperti lego.

Alhamdulillah, dengan melakukan 3 hal itu, THR lebaran Siken jadi habis tak bersisa. Mamak pun nggak jadi pinjem. Mamak malah nombok, malah nambahin. Hahay. Tak apalah yah. Sekali- sekali.


Nah, kalau kalian gimana nih Mamis ? THR Lebaran Anak diarahkan buat apa nih ? Ditabung atau buat beli-beli ?.

Comments

  1. Masih utuh, mba. Biasanya uangnya anak2 dikekep, nggak boleh diapa-apain. Tapi kalau banyak aku masukkan tabungan di sekolahnya.

    ReplyDelete
  2. Uang THR Wahyu tahun ini saya tabung Mba, beda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu dipakai sama mamanya, hihihi

    ReplyDelete
  3. Sebagian masukkin celengan ayam, sebagian mau dimasukkin tabungan malah kepakai buat bayar tabungan rencana pendidikan, belum diganti ma emaknya xixixi

    ReplyDelete
  4. THR anak dia simpan sendiri, mba. Katanya mau ditabung sampai di gede. Hhehe. Padahal saya udah usulkan uang THRnya digunakan buat beli sepeda aja. Hhehehe

    ReplyDelete
  5. Thr nya Alfi tahun ini dibeliin sepeda, ada yang ditabung dan yang paling banyak dipinjam emaknya ahihihi.

    Tapi tahun ini Alfi sudah paham sama uang, begitu dapat langsung dimasukin celengannya jadi emaknya ga bisa pakai seenaknya kayak biasa :)

    ReplyDelete
  6. Tahun lalu THRnya Neyna langsung masuk tabungan pendidikan tahun ini ludes karena mudik wkwkwk *alasan mamak*

    ReplyDelete
  7. bingung hahaha, soalnya belum merit.

    keknya iya deh kalau menurutku yang paling cocok kalau ga buat beli mainan yaa pakaiannya si kecil :D

    ReplyDelete
  8. Thrnya buat liburan,beli mainan dan ditabung hihi

    ReplyDelete
  9. Prioritas tetap utk anak ya Mba
    Msh jadi misteri, klo lebaran. THR ank2 jauh lbh banyak 😅

    ReplyDelete
  10. wah banayk ditabung nih, ngumpulin buat kalau anak2 menikah kelak

    ReplyDelete
  11. haha kemarin aku todong buat nambahin tiket kereta ke Malang mbak, mereka rela setelah disisihkan juga buat beli mainan

    ReplyDelete
  12. kalau aku sih,, aku berikan semua ke anak2 ...sedari dini aku ajarin mbak biar mrk kelola keuangan mrk sendiri...soalnya mrk udah gedhe, satu smp, satu kls 3 SD...dan uangnya ga boleh diminta hiks hiks...tp aku pesen buat beli barang2 yang berguna.

    ReplyDelete
  13. mantap duit THR nya banyak dedeknya, kalo ane kamren uang THR bocah di encep sama emaknya gak boleh di apa ap in, ane lelaku takut bini wkwkwkkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  14. Kalau saya buat beli buku peralatan sekolah atau baju seragam baru. Sebagian buat beli mainan yang disukai anak. Sisanya buat beli bakso orang tuanya.

    ReplyDelete
  15. Semoga tidak kadaluarsa jika saya mengucapkan: mohon maaf lahir dan batin. Taqabbalallahu minna wa minkum. (berasa bangun dari hiatus)

    Kalau soal THRnya anak-anak, kami tidak mengotak-atiknya, hanya memberi arahan saja. Ndilalah anak-anak berinisitaif membelanjakan sebagain uang THR mereka untuk beli perlengkapan masuk sekolah, Alhamdulillah. Hehehehe

    ReplyDelete
  16. Walah2.. saya kasi thr paking buat sepu2 sama anak kk mba.. blm punya anak soalnya hehhehe... oya mba mending ditabung aja sisa mainnya.. lumayan tuu....

    ReplyDelete
  17. Anak2 cm dpt sdkit THR tahun ini karna gak pulang kampung :D udah habis hehe

    ReplyDelete
  18. THR babang iyas habis untuk beli mainan :D

    ReplyDelete
  19. Kalo aku sih pake sebahagia anak, tapi secukupnya, sisanya tabung :D

    ReplyDelete
  20. THR Lebaran Uthon dipake buat main di Time Zone, Mak hahaha. Kalau kakak-kakaknya ditabung di bank. :D

    ReplyDelete
  21. Sekarang kalo lebaran anak2 yg dapet THR. Alhamdulillah, peruntukannya sesuai buat anak-anak juga :)

    ReplyDelete
  22. wah Siken pasti seneng banget ya..Kalo aku blm ngerasain berkahnya THR anak, ya iyalah wkwkwk. Insyaallah next :) Btw, aku jg suka belanja di toped mb, lengkapp

    ReplyDelete

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Popular posts from this blog

Cara Menghaluskan Daging Tanpa Mesin

Idul Adha. Daging dimana-mana. Bingung mau dimasak apa. Akhirnya dibikin bakso saja.
Yup, meluncurlah kami, daku dan suami, ke pasar, bukan hendaak berkeliling keliling pasar, tp hendak menggiling daging kurban jadi adonan. Di rumah, tinggal dibentuk bulat bulat plus bikin kuaahnya saja.

Tiba di tempat giling daging. Beugghhh. Harum semerbak nan memblenek. Yah namanya jg tempat penggilingan daging. Jadi ya gitu ituh.

Kami memilih tempat yang sudah direkomendasikan tukang bakso langganan kami. Di tempat itu, kita bisa request mau adonan yg begini atau yg begitu. Kami sih memilih yg begini aja. Kan buat dikonsumsi keluarga.

Kami harus mengantri, karena banyak yg seperti kami. Bingung mau dimasak apa lagi tuh daging sapi.
Masa menunggu, membuat daku bergumam: "koq gitu?".
Kenapa ?.
Kebersihan tempat bisa dikatakan lumayan lah daripada sebelah2nya. Yg bikin perasaan jadi gimanaaa gitu, karenaaaaaa. Yg handle adonan itu lohhh, laki laki berkaos singlet. Kalau ada yg netes dari ce…

4 Merek Panci Presto Terbaik

Satu atau dua hari sebelum lebaran biasanya para ibu rumah tangga, seperti kita-kita nih, sudah mulai mempersiapkan beraneka macam hidangan yang lezat seperti opor ayam dan ketupat donk ya. Nah untuk menghasilkan opor ayam yang empuk, kita pasti membutuhkan yang namanya panci pressure cooker (presto). Dengan menggunakan panci presto ketika merebus ayam, daging akan cepat matang dan empuk dalam waktu yang singkat. Selain itu penggunaan gas juga akan lebih hemat dan makanan akan menjadi lebih sehat karena gizi yang terkandung dalam ayam akan tetap terjaga. Berikut adalah daftar empat merek panci presto terbaik yang bisa kita dapatkan di online shop banyak diskon MatahariMall.
1. Airlux Panci Presto PC7216 Panci presto berkapasitas 16 liter ini bisa memasak makanan 3-10 kali lebih cepat daripada panci yang biasa kita gunakan. Panci ini dilengkapi dengan safety valve dan safety cover lock yakni lubang pembuangan uap atau udara yang berfungsi sebagai pengaman pada saat panci presto diguna…

Aneka Pilihan Atasan untuk Celana Kulot.

Siapa di sini yang lebih suka memakai celana daripada rok ?, hayooo ngakuuuu *sambil ngacung paling tinggi. Yup, aku begitu. Lebih suka memakai celana daripada rok. Membuat aku lebih mudah bergerak. Entah itu naik motor, memanjat pohon mangga, atau berlari saat dikejar-kejar Aliando, Varel, Rasya dan Al Ghozali *lalu dinyonyorin fans mereka.
Memang, sejak SD hingga SMA, aku sudah terbiasa memakai rok. Namun sepertinya saat-saat itu aku sering mendzalimi rok-rok sekolahku. Robek sana sini cyin. Bagian depan maupun belakang juga bagian kanan dan kiri. Robek. Entah karena jahitan roknya yang kurang rapi nan kuat atau karena langkah kakiku yang beringas. Entahlah.
Begitu lulus SMA, aku benar-benar menyimpan rok-rok ku. Jadi saat kuliah aku jarang memakai bawahan rok. Lebih sering memakai celana jeans, celana aladin, dan celana kulot. Hal yang demikian tersebut berlangsung sampai sekarang, saat aku sudah menjadi seorang ibu yang imut dan lucu juga gemesin *huwek. Ditambah lagi dengan akti…