Friday, February 5, 2016

Tanda-tanda Kecerdasan Visual Spasial Pada Si Kecil

Dulu, sebelum aku sadar bahwa si kecil ken terlambat bicara si kecil ken terlambat bicara. Aku tak terlalu tertarik dengan pembahasan tentang kecerdasan majemuk. Apalagi soal ciri-ciri atau tanda tanda salah satu atau salah dua kecerdasan majemuk pada si kecil. Tentu saja pengetahuanku nol besar. Yang aku tahu dulu hanya motorik halus, motorik kasar dan sebagainya. Jadi kalau membeli atau membuat mainan untuk si kecil ken, pasti aku berpedoman pada hal itu dan juga pada dompetku *tetep. Hehe.

Sumber


Salah satunya saat aku membelikan si kecil ken mainan bongkar pasang ini. Tujuanku adalah untuk melatih motorik si ken. Memasang dan melepaskan balok balok bongkar pasang tersebut. Etapi tidak hanya itu saja sih. Karena bongkar pasang tersebut juga melatih kekuatan si kecil ken. Secara tu bongkar pasang alot banget cyin. Ya maklumlah yah, murah meriah euy. Murah meriah tapi tetap ber SNI donk *penyuka bayar dikit dapet banyak *Hahayyyy. Aku mengenalkan cara bermainnya kepada si kecil ken juga standart aja. Seperti pada umumnya. Disusun. Disusun. Lalu digusur (satpol pp). Jadi ya wajarlah yah kalau si ken nggak terlalu tertarik memainkannya.

Hingga suatu hari, entah kesambet apa, si ken tiba tiba tertarik memainkannya. Atau jangan jangan mungkin karena dia tidak mau melihat pemandangan aneh (pemandangan emak emak heboh main bongkar pasang sendirian). Mungkin begitu. Entahlah. Yang jelas ken langsung memainkannya dengan cara yang berbeda. Diatur memanjang. Membentuk sebuah barisan. Dan lurus pula. Bakat jadi pemimpin upacara mah si ken. *Siaaapppppp Grak. 



Melihat hal tersebut tentu saja aku bahagia *cihuy. Tujuan awal (melatih motorik ken) tercapai. Sayangnya di masa ini aku belum sadar bahwa itu adalah salah satu tanda kecerdasan visual spasial yang dimiliki si ken. Trus sadarnya kapan donk ?.

Abaikan pemandangan di belakang ken

Kapan ya ?.  Kalau tidak salah sih ya bener * yaiyalah. Hehe. Kalau tidak salah sih waktu si ken makin sering menata. Menata apa saja. Tapi waktu itu aku belum terlalu yakin juga kalau ini adalah tanda kecerdasan visual spasial pada si ken.

Makin kesini, saat usai si ken 3 tahun 2 bulan, tanda tanda cinta *halah, tanda-tanda kecerdasan visual spasial pada si ken semakin nampak.

Pertama
Si ken mahir meniru tulisan huruf abjad. Meskipun ada yang bentuknya masih maknyonyor. Tapi sebagian besar sudah betul *yippiiieee.

Ke-dua
Si ken juga bisa meniru gambar yang aku/si ayah buat. Yaaa meskipun nggak sama persis sih.

ken meniru gambar awan yang aku buat
Ke-tiga
Si ken bisa menggambar benda yang ia lihat. Terutama benda yang ia sukai.

Menggambar sikat gigi yg beralih fungsi utk menyikat mobil2an si ken

Ke-empat
Si ken juga sudah hafal betul dengan bentuk juga nama bangun datar. Seperti trapesium, jajar genjang, dan sbg.



Ke-lima
Si ken cepat paham saat aku mengenalkan mana tangan kanan mana tangan kiri.

Ke-enam
Si ken juga bisa membuat bentuk segitiga, bujur sangkar, atau bentuk huruf abjad dari stik eskrim atau dari wafer keju kesukaannya.

Ke-tujuh
Pernah suatu hari kami akan lewat di jalan menuju rumah kontrakan kami yang dulu. Tiba tiba si ken menunjuk-nunjuk jalan tersebut. Dan begitu tiba di gang rumah kontrakan tersebut. Ken langsung turun dari motor dan menuju ke rumah kontrakan lama kami. Ingatan yang mantabb.

Ke-delapan.
Masih belum nemu lagi.

Berbekal tanda tanda tersebut, baru aku benar benar yakin bahwa si ken juga memiliki kecerdasan visual spasial, selain Kecerdasan Kinestetik dan kecerdasan bermusik Kecerdasan Bermusik. Langkah selanjutnya adalah tentu saja aku dan juga penggemarku, si ayah, hehe, akan terus mengembangkan kecerdasan visual spasial pada si ken. Dengan cara :

● Menambah pengetahuannya tentang tehnik menggambar. Dimulai dari benda benda yang ada disekitar si ken.

● Memberikan fasilitas kepada si ken. Seperti crayon atau cat air plus buku gambar. Atau memberikan Si ken permainan bongkar pasang yang lebih variatif.

Sudah. Dua hal itu saja dulu. Yang lainnya menyusul yak. Semangat terus ya ken. Dan sehat selalu ya nak. Amin

14 comments:

  1. aku masih nggak ngeh ni mbak sama kecerdasan kinestetik ato yg lain, tahunya kalo anak seneng musik ya beliin aja segala sesuatu yg berhub dengan musik :D

    ReplyDelete
  2. Nah loh, anak saya justru punya kelebihan di musik suka dengan segala bunyi-bunyian dan langsung niru.. semoga saja ade Ken jadi anak yang terus membanggakan orang tuanya ya

    ReplyDelete
  3. anakku juga punya ciri-ciri kayak Ken, kecuali untuk point kelima, masih sering salah menunjukkan mana kanan mana kiri.

    Jadi, ada unsur kecerdasan visual spasial sebagian, begitu kah?

    ReplyDelete
  4. keren, di rumah saya dinding udah kaya gallery aja belum juga dicat , biar ah entar aja

    ReplyDelete
  5. Waa.. Persis kayak anak saya niih, udah bisa gambar2 juga.. Seumur sih.. Salam kenal ya Ken :)

    ReplyDelete
  6. Cerdasnya Keeen... Semoga makin cerdas dan soleh ya..

    ReplyDelete
  7. Ken hebat, eh tapi kalau baca artikel mba Inda, Bintang juga menunjukkan gejala yang hampir sama. sekarang baru dua tahun dua bulan sih.. hmmm...

    ReplyDelete
  8. Kalau anak saya dari umur 2Tahun kemaren hobbynya maenin alat musik gitar dan sekarang sudah menginjak umur 6 Tahun masih tetap suka sama Gitar mungkin faktor saya yang memang suka sama Gitar jadi menurun deh..hii

    ReplyDelete
  9. Alfi visual spasialnya kurang, dia lebih dominan kinestetik nih, kudu dilatih lagi

    ReplyDelete
  10. Itu si ken mainanya bongkar pasang. Dulu gue mainnya juga kayak gitu, tapi yang lebih kecil balok-baloknya. Lego kalau nggak salah. Tapi yang ken punya itu namanya juga lego sih ._.

    ReplyDelete
  11. Mantap nih emaknya Ken.. cerdas menangkap dan mengembangkan potensi anak ^^

    ReplyDelete
  12. alhamdulillah...Ken sudah pulih ya mbaa

    ReplyDelete
  13. Ken, udah makin pinter yah mba. Oh klo yg bgitu kecerdasan visual spasialnya lagi jalan yaah

    ReplyDelete
  14. Aku penasaran apakah kecerdasan visual spasial ini bisa dilatih sejak bayi. Gimana caranya ya?

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)